Liga Indonesia

Profil Singkat Odion Ighalo, Striker Liga China yang Dipinjam Manchester United

Sabtu, 1 Februari 2020 16:16 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Catherine Ivill/Getty Images
Odion Ighalo, namanya yang merupakan striker Liga China, tiba-tiba menjadi buah bibir setelah dipinjam Manchester United di bursa transfer musim dingin 2020. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Odion Ighalo, namanya yang merupakan striker Liga China, tiba-tiba menjadi buah bibir setelah dipinjam Manchester United di bursa transfer musim dingin 2020.

INDOSPORT. COM - Odion Ighalo, namanya yang merupakan striker Liga China, tiba-tiba menjadi buah bibir setelah dipinjam Manchester United di bursa transfer musim dingin 2020.

Sebuah kejutan dilakukan Manchester United pada detik-detik terakhir jelang penutupan bursa transfer musim dingin Eropa 2020. Klub besutan Ole Gunnar Solskjaer tiba-tiba merekrut penyerang Liga China bernama Odion Ighalo.

Berdasarkan laporan Transfermarkt, Ighalo merapat ke Manchester United dari klub Liga China, Shanghai Greenland Shenhua, dengan status pinjaman. Ighalo bakal dipinjam Manchester United hingga akhir musim 2019/20 mendatang.

Solskjaer menilai, Ighalo merupakan pemain berpengalaman yang bisa meningkatkan kualitas Manchester United. Terutama soal kekuatan lini depan, kedatangan Ighalo menurut Solskjaer dapat memberikan opsi lebih untuk Setan Merah membongkar pertahanan lawan. 

"Odion adalah pemain yang berpengalaman. Dia datang dan memberikan kamu opsi berbeda di posisi penyerng tengah," ucap Solskjaer seperti dikutip dari BBC.

Mungkin banyak pecinta sepak bola, khususnya penggemar Manchester United, yang belum mengenal betul sosok Ighalo. Maka dari itu, INDOSPORT coba memberikan ulasan lebih mendalam soal profil Ighalo dalam rangkuman berikut.


Kiprah di Liga China

Odion Ighalo merupakan penyerang asal Nigeria yang sejak tahun 2017 lalu merumput di Liga China. Total sudah ada dua klub Liga China yang dibelanya, yakni Changchun Yatai dan Shanghai Greenland Shenhua.

Pada musim perdananya, Liga China 2017, Ighalo yang mengisi lini depan Changchun Yatai sukses membukukan 15 gol dari 27 laga. Ketajaman Ighalo untuk Changchun Yatai kian memuaskan lagi di musim Liga China 2018, yang mana mampu menghasilkan 21 gol dari 28 penampilan.

Berlanjut ke Liga China 2019, Ighalo pindah klub dan diboyong Shanghai Greenland Shenhua. Bersama klub barunya, Ighalo baru bermain 17 kali dan sudah menghasilkan 10 gol.

Jika dilihat secara keseluruhan, Ighalo tergolong memiliki kiprah yang menjanjikan di Liga China sana. 46 gol dalam tiga musim terakhir, rasanya sudah cukup untuk menjelaskan alasan kenapa Solskjaer samapai kepincut dengan kualitas Ighalo.

Pernah Menyakiti Manchester United

Odion Ighalo pernah memiliki pengalaman menyakiti Manchester United. Semua itu terjadi kala dirinya dulu masih merumput di Liga Inggris bersama Watford.

Sedari musim 2014/15 hingga 2016/17, Ighalo memang menjadi bagian dari skuat Watford. Ighalo bahkan sukses mengantarkan Watford promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris, setelah menduduki peringkat dua klasemen akhir Divisi Championship musim 2014/15.

Jika ditotal, Ighalo telah bermain 100 kali untuk Watford di berbagai ajang dan menghasilkan 40 gol. Menariknya, salah satu laga Ighalo di Watford berhasil memberikan luka yang begitu mendalam kepada Manchester United.

Tepat pada tanggal 18 September 2016, Watford menjamu Manchester United dalam laga Liga Inggris. Ighalo yang tampil penuh 90 menit mengisi lini depan Watford, sukses membawa timnya menang 3-1 atas Manchester United.


Timnas Nigeria

Karier Odion Ighalo sebagai penyerang tak hanya dilalui di level klub saja. Odion Ighalo juga sering mentas dalam ajang-ajan internasional untuk negaranya, Timnas Nigeria.

Transfermarkt mencatat, Ighalo telah 35 kali tampil membela Timnas Nigeria dan menyumbangkan 16 gol. Kala berlaga di ajang Piala Afrika 2019 lalu, Ighalo bahkan mampu tampil tajam untuk Nigeria dengan mencetak lima gol, sekaligus membuatnya menyabet gelar top skor.

Begitulah kurang lebih profil singkat Ighalo, sang bomber Liga China yang dipinjam Manchester United. Patut dinanti, apakah striker berusia 30 tahun tersebut bisa tampil tajam mengisi lini depan Setan Merah?