Liga Indonesia

4 Fakta Natanael Siringoringo, Calon Bintang Sulut United dan Timnas Indonesia

Sabtu, 26 Desember 2020 20:53 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Herry Ibrahim
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Natanael Siringoringo saat masih berseragam PSMS Medan di Liga 2 2019 lalu. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Natanael Siringoringo saat masih berseragam PSMS Medan di Liga 2 2019 lalu.

INDOSPORT.COM - Berikut empat fakta Natanael Siringoringo, gelandang serang yang menjadi calon mega bintang klub Liga 2 Sulut United dan Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Pesepak bola asal Medan, Sumatera Utara, ini mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan (training camp/TC) skuat Garuda Muda di Jakarta, 20-30 Desember 2020.

TC yang yang telah berjalan selama enam hari tersebut dihelat sebagai salah satu rangkaian persiapan untuk menyongsong pesta olahraga multicabang SEA Games 2021 Vietnam.

1. Gagal Tembus Sea Games 2019

Gelandang berusia 21 tahun ini, pernah dipanggil oleh Indra Sjafri mengikuti TC Timnas Indonesia yang sedang bersiap menyambut SEA Games 2019 Filipina.

Indra Sjafri kepincut dengan performa pesepak bola yang akrab disapa Nael ini berkat performa impresif saat membawa PSMS Medan menembus Babak 8 Besar Liga 2 2019.

Sayang beribu sayang, Nael gagal menembus SEA Games 2019 akibat cedera yang dideritanya saat TC. Kini, ia mendapat kesempatan kedua untuk unjuk kualitas di SEA Games 2021 Vietnam.

2. Pemain Pertama Sulut United di Timnas Indonesia

Sulut United merupakan klub baru yang berdiri pada 1 Mei 2019. Karena itu, dipanggilnya Nael mengikuti TC di Jakarta, membuatnya menjadi pemain pertama klub berjuluk Hiu Utara yang bergabung di Timnas Indonesia.

3. Satu-Satunya Wakil Liga 2 di Timnas Indonesia

Selain itu, pengidola Stefano Lilipaly ini juga menjadi satu-satunya pemain dari Liga 2 yang dipanggil oleh Shin Tae-yong. Nael harus bersaing dengan tiga pemain yang berkiprah di luar negeri dan 32 pemain berlabel Liga 1.

4. Eks Pemain Futsal

Siapa sangka, Nael dulunya merupakan pemain futsal profesional. Pada tahun 2018, ia memperkuat SDR Binjai diajang Pro Futsal League Indonesia (PFL).

Setelah berkecimpung di dunia futsal, Nael berhasil menarik minat pencari bakat PSMS Medan yang menyaksikan performa impresifnya saat bermain di Turnamen Piala Kapolda Sumatera Utara 2018.

Pasca turnamen tersebut, Nael lalu dipanggil mengikuti seleksi bersama klub berjuluk Ayam Kinantan. Gelandang berpostur 167 cm ini pun berhasil lolos dalam tahap seleksi tersebut untuk berkiprah diajang Liga 2 2019.