Bola Internasional

Kelana Mahesa, Punggawa Timnas U-19 yang Akhirnya Debut di Tim Senior Liga Jerman

Minggu, 27 Desember 2020 00:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy, dua pemain keturunan Indonesia-Jerman yang dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas U-19. Copyright: © PSSI
Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy, dua pemain keturunan Indonesia-Jerman yang dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas U-19.

INDOSPORT.COM – Intip kiprah Kelana Mahesa, salah satu punggawa Timnas Indonesia U-19 yang akhirnya berhasil menjalani debut bersama tim senior di Liga Jerman musim ini.

Nama Kelana Mahesa sendiri memang sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu, tepatnya saat gelandang berusia 19 tahun ini ikut memperkuat pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Kroasia bulan Oktober silam.

Bahkan pada pemanggilan perdananya, Kelana Mahesa langsung dipercaya tampil sebagai starter saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi tim akademi Hajduk Split.

Walau baru sekali menjalani laga bersama Timnas Indonesia U-19, namun Kelana Mahesa terlihat sudah bisa membaca taktik serta permainan yang diinginkan Shin Tae-yong.

Terbukti sepanjang 50 menit dirinya berada di lapangan, Timnas Indonesia U-19 terlihat mudah menguasai bola serta sangat minim ancaman di kotak pertahanan.

Dalam laga kontra Hajduk Split tersebut, Kelana Mahesa berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan telak 4-0, melalui gol Bagas Kaffa menit ke-19, Pratama Arhan (48’ penalti), Beckham Putra Nugraha (53’ penalti), dan Jack Brown (78').

Meski sempat bermain gemilang, namu Kelana dan sang adik, Luah Fynn Jeremy Mahesa, yang juga ikut dalam pemusatan latihan tak bisa berlama-lama memperkuat Timnas lantaran mereka harus pulang ke Jerman untuk membela klubnya, Bonner SC.

Di level klub, performa Kelana Mahesa terbilang cukup impresif. Memulai karir FC Koln junior pada tahun 2017, pemain kelahiran Koln ini pun merantau ke berbagai akademi untuk menambah jam terbang.

Karier Kelana Mahesa lantas berlanjut ke klub FC Viktoria Cologne U-17. Di tim ini, Kelana Mahesa berhasil membukukan 12 penampilan. Namun sayangnya, ia tidak tercatat pernah mencetak gol atau assist.

Pada tahun 2018, Kelana Mahesa pun kembali hijrah dan bergabung bersama Bonner SC U-19. Bersama tim asal kota Bonn, Jerman tersebut, bakat Kelana perlahan mulai diperhitungkan.

Puncaknya pada musim 2020/21, Kelana Mahesa berhasil menembus tim utama Bonner SC yang tampil di Regionalliga West atau kasta keempat Liga Jerman saat menghadapi M'gladbach II di pekan ke-12.

Dalam laga yang berlangsung di Fohlenplatz am Borussia-Park tersebut, Kelana Mahesa menjalani debut bersama tim senior Bonner SC pada menit ke-68’ setelah menggantikan Daniel Somuah.

Bermain selama 22 menit, Kelana Mahesa gagal berkontribusi maksimal dan harus menjadi saksi kekalahan timnya dengan skor dua gol tanpa balas.

Walau gagal meraih hasil maksimal di laga debutnya bersama tim senior Bonner SC, namun pelatih Timnas Indonesia U-19 tampaknya masih sangat yakin akan kemampuan sang gelandang.

Terbukti, nama Kelana Mahesa kembali terpilih untuk mengikuti pemusatan latihan di Spanyol yang mulai berlangsung pada 26 Desember hingga akhir Januari 2021 mendatang.

Melansir dari laman resmi PSSI, disebutkan bahwa Kelana Mahesa akan bergabung bersama ketiga pilar dari klub Eropa lainnya yakni Khairul Imam Zakiri (Gymnastica Cueta, Spanyol), Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica, Serbia), serta Elkan Baggott (Ipswich Town, Inggris).