Liga Indonesia

Piala Dunia U-20 2021 Batal, Ini Reaksi Kiper Timnas U-19

Sabtu, 26 Desember 2020 16:38 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Timnas Indonesia U-19, Erlangga Setyo, mengatakan sebagai pemain hanya bisa menerima keputusan keputusan dibatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 oleh FIFA.

Erlangga menuturkan, Timnas Indonesia U-19 sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia tersebut, salah satunya dengan menggelar pemusatan latihan atau training center (TC) di dalam maupun luar negeri.

Sebagai informasi, FIFA membatalkan pelaksanaan edisi 2021 karena pandemi virus corona. Meski begitu, Indonesia akan tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

"Sebagai pemain ya saya hanya bisa menerima saja keputusan yang dikeluarkan FIFA," kata Erlangga, Jumat (25/12/20).

Erlangga menambahkan, akan tetap bekerja keras untuk menampilkan permainan terbaiknya. Karena, meski Piala Dunia U-20 2021 batal digelar, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapiPiala Asia U-19 di Uzbekistan.

Melihat keputusan FIFA yang akan menggelar Piala Dunia U-20 pada 2023, Erlangga menilai peluangnya untuk tampil masih terbuka. Lantaran, usianya saat ini masih 17 tahun.

"Sebenarnya kan tim pelatih selama TC ini tujuannya untuk Piala Dunia, kita latihan keras itu untuk Piala Dunia, jadi sekarang kemungkinan kita fokuskan ke Piala Asia dulu, selesaikan itu setelah itu mungkin fokus ke Piala Dunia lagi," jelas Erlangga.

Timnas Indonesia U-19 akan menggelar pemusatan latihan atau training center TC di Spanyol dan akan berangkat pada Sabtu (26/12/2020). Selama di Spanyol, Garuda Nusantara akan melakoni beberapa laga uji coba.

Pada pemusatan latihan di Spanyol, pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong akan membawa sebanyak 30 pemain. Dari 30 nama tersebut, Shin Tae-yong memberikan kesempatan kepada para pemain yang berkarier di luar negeri untuk mengikuti TC. 

Tiga pemain yang akan menyusul TC di Spanyol adalah Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica), Elkan Baggott (Ipswich Town FC), dan Kelana Noah Mahessa (Bonner SC).

Sebelum mengikuti TC di Spanyol, Erlangga sudah mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19 di Kroasia sekitar dua bulan dan di Jakarta sejak pertengahan November 2020 lalu.