Bola Internasional

10 Pesepak Bola Muda Terbaik Dunia 2020 (Part 1)

Minggu, 27 Desember 2020 08:02 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Twitter @kaihavertz29
Berikut ini kami rangkum daftar 10 pesepak bola muda terbaik di dunia sepanjang tahun 2020. Copyright: © Twitter @kaihavertz29
Berikut ini kami rangkum daftar 10 pesepak bola muda terbaik di dunia sepanjang tahun 2020.

INDOSPORT.COM - Berikut ini kami rangkum daftar 10 pesepak bola muda terbaik di dunia sepanjang tahun 2020. 

Tahun 2020 menjadi tahun yang istimewa untuk sepak bola dunia, terkhusus Eropa. Sebab, pada tahun ini terdapat talenta muda berlimpah yang sukses menunjukkan kehebatannya. 

Tak cukup dunia dikejutkan dengan aksi gemilang Erling Haaland, pemuda 19 tahun yang menjadi tulang punggung raksasa Jerman, Borussia Dortmund. Pada 2020 ini seakan menjadi pembuktian puncak bagi deretan pemain sepak bola muda terbaik dunia. 

Dengan usia yang masih di bawah 20 tahun, banyak dari mereka yang menjadi andalan di tim masing-masing. Tak cuma itu, harga mereka pun melambung sangat tinggi di bursa transfer. 

Situasi ini seakan menjadi tanda-tanda masa depan yang cerah sepak bola Eropa dan dunia. Selepas era Lionel Messi dan Ronaldo, bermunculan kembali para wonderkid-wonderkid sensasional yang siap memanjakan penonton di stadion. 

Lalu, siap saja nama-nama pemain muda terbaik dunia di tahun 2020 ini? Berikut kami rangkum daftarnya secara berurutan. 

10. Gianluigi Donnarumma (AC Milan)

© (Photo by Francesco Pecoraro/Getty Images)
Donnarumma saat mencoba menyelamatkan bola di laga Napoli vs Milan. Copyright: (Photo by Francesco Pecoraro/Getty Images)Donnarumma saat mencoba menyelamatkan bola di laga Napoli vs Milan.

Nama satu ini memang selalu diperhitungkan dalam percaturan pemain muda yang paling diburu di bursa transfer. Di usia yang masih 21 tahun, ia sudah mencatatkan 100 lebih penampilan untuk AC Milan. 

Pada 2020 ini, Gianluigi Donnarumma turut berperan besar dalam membawa kebangkitan AC Milan di Italia. Donnarumma menjadi pilar penting yang bertanggung jawab atas keberhasilan AC Milan tampil tak terkalahkan di Serie A Italia sejak pertengahan Juni sampai pada menjelang natal ini.

9. Phil Foden (Manchester City)

© Twitter @ChampionsLeague
Phil Foden merayakan gol Manchester City atas Olympiacos di Liga Champions Copyright: Twitter @ChampionsLeaguePhil Foden merayakan gol Manchester City atas Olympiacos di Liga Champions

Phil Foden layak dimasukkan ke dalam daftar 10 pemain muda terbaik dunia 2020. Gelandang belia asal Inggris Raya ini sudah menjadi andalan Manchester City di usia 20 tahun. 

Pelatih Josep Pep Guardiola memberikannya peran penting dalam menggantikan pemain selevel David Silva. Pada 2019-2020 lalu, ia total menorehkan 23 penampilan di Liga Inggris dengan kontribusi 5 gol dan 2 assist. 

Sementara pada musim 2020-2021 ini, ia sudah turun di 9 laga Liga Inggris dan 6 Liga Champions dengan kontribusi 3 gol dan 1 assist. 

8. Joao Felix (Atletico Madrid)

© Getty Images
Joao Felix. Copyright: Getty ImagesBintang muda andalan Atletico Mdarid, Joao Felix.

Pemain Atletico Madrid, Joao Felix, menjadi wonderkid berikutnya yang masuk ke dalam daftar ini. Di usia yang masih 20 tahun, ia sudah menjadi salah satu pemain termahal di Liga Spanyol. 

Felix menjadi pilihan utama pelatih Digo Simeone di sepanjang 2020 ini. Bersama Los Rojiblancos, ia menjalankan sejumlah peran mulai dari playmaker sampai striker tengah. 

Di LaLiga 2020/21 ini Felix sudah mengoleksi 5 gol dan 2 assist dari 12 penampilannya untuk Atletico. Ia sukses membawa timnya menjadi pemuncak sementara klasemen liga. 

Kegemilangan itu turut menular di Liga Champions. Ia selalu turun di enam pertandingan fase grup di mana mantan pemain Benfica itu sudah mengoleksi tiga gol. 

7. Kai Havertz (Chelsea)

© Getty Images
Mason Mount dan Kai Havertz. Copyright: Getty ImagesMason Mount dan Kai Havertz (kanan).

Kai Havertz membuat dunia terkejut berkat penampilan gemilangnya bersama Bayer Leverkusen pada musim lalu. Gelandang serang serba bisa asal Jerman ini turut berkontribusi besar dalam kebangkitan Leverkusen di Bundesliga. 

Ia turut menyumbang 12 gol dan 6 assist di Bundesliga musim lalu. Tak cuma itu, ia juga mencetak 4 gol dan 2 assist dari 5 penampilan di Liga Europa. 

Hal ini pun membuat Chelsea tertarik meminangnya. Tak tanggung-tanggung, The Blues langsung memboyong Kai Havertz sekaligus rekan duetnya di Timnas Jerman, Timo Werner. 

Kai Havertz pun kini tengah dalam perjuangan untuk membuktikan diri di Liga Inggris. Pada paruh awal musim 2019-2020 ini, ia sukses menjadi pemain utama tim dengan catatan 16 penampilan di liga dan kompetisi Eropa. 

6. Ansu Fati (Barcelona)

© Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty Images
Selebrasi Ansu Fati usai mencetak gol untuk Barcelona ke gawang Villarreal Copyright: Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty ImagesSelebrasi Ansu Fati usai mencetak gol untuk Barcelona ke gawang Villarreal

Meski harus menepi karena cedera yang ia alami pertengahan November lalu, Ansu Fati dianggap sebagai salah satu pemain muda paling bersinar di Eropa saat ini. 

Bagaimana tidak, di usia masih 18 tahun ia sudah dipercaya mengisi pos penyerang utama Barcelona bersanding dengan Lionel Messi. Ansu Fati pula alasan mengapa pelatih Ronald Koeman berani mendepak Luis Suarez. 

Pemain berkewarganegaraan Spanyol ini pun mampu membayar kepercayaan sang pelatih. Dari tujuh laga yang ia lakoni di LaLiga sebelum cedera, Ansu sukses menyarangkan empat gol, sementara di Liga Champions Eropa, ia juga menorehkan satu gol dari tiga pertandingan.

Bersambung ke Part 2