Liga Indonesia

TC Timnas U-22, Bek PSIS Ungkap Materi yang Diberikan Shin Tae-yong

Selasa, 29 Desember 2020 17:39 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat melatih Timnas U-22 di Lapangan G Senayan, Jakarta. Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat melatih Timnas U-22 di Lapangan G Senayan, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Pemain belakang PSIS Semarang, Fredyan Wahyu Sugiantoro saat ini tengah mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 di Jakarta sejak 20 Desember silam hingga 31 Desember 2020 mendatang.

Fredyan Wahyu bersama 35 pemain lainnya dipanggil pelatih kepala Timnas, Shin Tae-yong dalam Training Center (TC) Timnas U-22 sebagai ajang persiapan menghadapi SEA Games ke-31 di Hanoi.

Menurut Fredyan Wahyu, Shin Tae-yong saat ini tengah fokus menggenjot fisik penggawa skuat Garuda karena tidak bergulirnya kompetisi di Indonesia.

“Tim pelatih masih fokus pengembalian fisik pemain. Kebugaran jadi fokus utama karena kompetisi yang libur cukup lama juga,” terang pemain yang kerap disapa Ucil ini, Selasa (29/12/20).

Namun, Ucil juga mengungkapkan bahwa pertandingan internal tetap diterapkan Shin Tae-yong di tengah fokus pengembalian kondisi fisik. “Tetap ada internal gamenya. Ada beberapa kombinasi,” tandasnya.

Bek kanan yang diboyong PSIS dari PSMS Medan di awal 2019 ini juga bercerita bahwa latihan fisik yang ia dapat di TC merupakan sebuah keuntungan. Pasalnya sejak akhir September lalu, tim PSIS yang menjadi klub Ucil tidak menggelar latihan karena tidak bergulirnya kompetisi Liga 1.

“Bagi saya ini merupakan sebuah keuntungan bagi kami untuk jauh lebih baik lagi. Apalagi coach Shin Tae-yong cukup disiplin kepada semua komponen tim,” ungkap Ucil.

Bagi Ucil, pemanggilan Timnas bukan merupakan sebuah hal baru. Pasalnya ia beberapa kali kerap menerima panggilan Timnas di era kepelatihan Indra Sjafrie.

Ucil juga merupakan salah satu penggawa Timnas U-22 ketika berhasil menjuarai Piala AFF U-22 pada 2019 lalu. Tahun lalu ia juga berkesempatan mengikuti TC Timnas di China sebagai rangka persiapan SEA Games ke-30.

Saat ini ia bersama satu pemain PSIS lainnya yakni Tegar Infantri Sukamto kembali mendapat panggilan Timnas di era Shin Tae-yong. Namun sayangnya Tegar Infantri tidak bisa berangkat ke Jakarta karena tengah mengikuti pendidikan untuk menjadi prajurit TNI AU.