Liga Indonesia

Terkait Penggunaan Dana Negara untuk Timnas, PSSI Siap Bertanggung Jawab

Minggu, 27 Desember 2020 17:43 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Martini/INDOSPORT
Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi saat ditemui media pada acara pelepasan Timnas U-19 ke Spanyol di Jakarta. Copyright: © Martini/INDOSPORT
Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi saat ditemui media pada acara pelepasan Timnas U-19 ke Spanyol di Jakarta.

INDOSPORT.COM - PSSI melalui Plt Sekjen, Yunus Nusi mengaku siap bertanggung jawab terkait penggunaan anggaran negara untuk keperluan Timnas Indonesia menuju Piala Dunia. Terkait hal ini, PSSI pun merencanakan bertemu dengan Kemenpora selaku pemberi anggaran.

Seperti diketahui dana operasional Timnas Indonesia U-19 dalam persiapan Piala Dunia U-20 2021 menggunakan dana negara. Sebanyak Rp50,6 Miliar didapat PSSI sebagai dana operasional Timnas Indonesia U-19.

Namun kini FIFA sudah mengambil keputusan mebatalkan perhelatan Piala Dunia U-20 2021. FIFA baru akan menghelat Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang.

Tentu keputusan FIFA ini berimbas dengan penggunaan anggaran operasional Timnas. Dimana Timnas Indonesia U-19 masih diperkenankan menggunakan anggaran tersebut atau tidak.

"Segera kami akan koordinasikan dengan Kemenpora dan bahwa ini uang negara dan kami mewanti-wanti harus sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Yunus Nusi.

Yunus menegaskan, bahwa PSSI siap bertanggung jawab jika memang Timnas Indonesia U-19 tidak boleh menggunakan kembali anggaran pemerintah. Baginya PSSI tetap berterimakasih karena Timnas Indonesia U-19 sempat mendapat bantuan anggaran dari pemerintah.

"Keberangkatan atau pemakaian keuangan bila memang mengharuskan itu menjadi tanggung jawab PSSI, ya kenapa tidak," Yunus Nusi menjelaskan.

"Toh tahun sebelumnya juga PSSI yang membiayai semua kegiatan Timnas. Dan Alhamdulillah tahun ini dibantu negara dan kita bersyukur dan kalau toh keberangkatan ke Spanyol hari ini dan Januari akan menjadi tanggungan PSSI, kami pun siap" pungkas ia.

Seperti diketahui meski perhelatan Piala Dunia U-20 2021 batal Timnas Indonesia U-19 tetap berangkat ke Spanyol. Mereka akan melakukan pemusatan latihan di Negeri Matador hingga 31 Januari mendatang.