Liga Spanyol

Sebut Kekurangan Barcelona, Laporta Sindir VAR Untungkan Real Madrid

Minggu, 3 Januari 2021 12:30 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Visionhaus via Getty Images
Joan Laporta menyinggung kecurangan Real Madrid sepanjang LaLiga Spanyol 2020-2021 berkat VAR. Ia juga beberkan kekurangan Barcelona. Copyright: © Visionhaus via Getty Images
Joan Laporta menyinggung kecurangan Real Madrid sepanjang LaLiga Spanyol 2020-2021 berkat VAR. Ia juga beberkan kekurangan Barcelona.

INDOSPORT.COM - Kontroversi acapkali terjadi sepanjang LaLiga Spanyol 2020-2021, Real Madrid terkesan kerap diuntungkan oleh VAR. Merasa yakin ada kecurangan, Joan Laporta tak segan-segan menyinggung rival Barcelona tersebut.

Bukan suatu rahasia lagi jika penampilan El Real tak lepas dari berbagai keganjilan yang terjadi di lapangan, khususnya sepanjang keikutsertaan liga domestik. Ya, jika dihitung dari musim lalu, tim yang dipimpin oleh Florentino Perez ini terkesan dapat bantuan wasit.

Siapa yang tak lupa LaLiga Spanyol musim lalu? Pasca ditangguhkan imbas pandemi Corona, skuat asuhan Zinedine Zidane langsung punya catatan tak terkalahkan dalam 11 pertandingan. Alhasil, poin mereka langsung melejit tinggalkan Barcelona selaku juara liga.

Hal serupa pun terulang ketika lakoni musim baru, VAR dan wasit lagi-lagi dianggap memihak Real Madrid salah satunya terjadi kala mereka menang 3-1 atas Eibar Desember lalu. Capres Barcelona, Laporta pun memberikan sindiran sarkas kepada klub rival itu.

"Jika ada penduduk Mars turun ke Bumi dan melihat VAR, maka dia dengan cepat mengatakan bahwasannya alat itu menguntungkan Madrid," ucapnya jelang pemilu presiden klub pada 24 Januari mendatang dilansir Marca.

Tak cuma mengomentari musuh bebuyutan klub, calon pengganti Josep Maria Bartomeu ini juga tak lepas menyoroti kelemahan Barcelona. Baginya, tim saat ini kehilangan peran dalam tingkat tertinggi bidang olahraga sehingga sulit bersaing dengan banyak tim lawan.

"Klub saat ini sudah sangat kehilangan peran penting dalam bidang Federasi Sepak Bola Spanyol, LaLiga, UEFA, FIFA, dan segala badan penting kompetisi sepak bola. Barcelona harus mengembalikan kredibilitas mereka agar berdampak baik dalam performanya," tutupnya.

Bagi mantan orang nomor satu ini, perombakan besar-besaran wajib dilakukan oleh Catalan yang kini berambisi kembali rebut takhta juara. Apalagi, baik RFEF, wasit, dan VAR sulit untuk bersikap netral setelah berbagai bukti nyata dominasi Los Blancos.

Lewat dugaan Laporta terkait 'keuntungan' Real Madrid, kesempatan Barcelona untuk menjuarai LaLiga Spanyol bisa jadi mustahil untuk terjadi. Eks wasit, Eduardo Iturralde Gonzalez sendiri membenarkan jika banyak hakim lapangan memihak Los Merengues.