In-depth

Amad Diallo, Titisan Messi yang Akan Jadi Pesaing Greenwood di Manchester United

Jumat, 8 Januari 2021 15:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Manchester United akhirnya resmi mendatangkan Amad Diallo. Wonderkid yang kerap disamakan dengan Lionel Messi ini akan jadi pesaing berat Mason Greenwood.

Sempat tersendat, Manchester United menunjukkan laju bagus di Liga Inggris musim ini terutama setelah kandas dari babak grup Liga Champions. Mereka sukses menjalani 6 laga tanpa terkalahkan, dengan meraih 4 kemenangan dan 2 seri.

Akibatnya, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu kini bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Liga Inggris. Mereka mengoleksi jumlah poin yang sama dengan Liverpool yang ada di puncak yakni 33 poin, meskipun The Reds sudah bertanding sekali lebih banyak.

Manchester United pun diyakini akan tampil lebih baik lagi di paruh kedua musim ini. Pasalnya, tak hanya tengah dalam performa bagus, Setan Merah juga berhasil mendatangkan pemain baru di bursa transfer Januari.

Ya, Jumat (8/1/21) ini MU resmi mengumumkan kedatangan wonderkid Amad Diallo dari Atalanta. Pemain berusia 18 tahun itu diboyong dengan banderol 37 juta pound (seitar Rp700 miliar) dan diikat kontrak hingga Juni 2025.

Kesepakatan antara Diallo dan Manchester United sejatinya sudah terjalin pada bursa transfer musim panas lalu. Namun, masalah administrasi dan izin kerja membuat kepindahan sang pemain baru bisa diwujudkan pada bursa transfer Januari ini.

Diallo sendiri mengaku sangat bahagia setelah akhirnya meresmikan kepindahan ini, dan menyebutnya sebagai mimpi yang jadi nyata.

“Setelah menunggu sejak musim panas, akhirnya mimpi saya jadi nyata dengan selesainya kepindahan ke Manchester United,” katanya seperti dilansir laman resmi klub.

Mirip Lionel Messi dan Bakal Jadi Saingan Mason Greenwood

Amad Diallo sendiri sebenarnya baru memulai karier sepak bola profesionalnya musim lalu. Sempat bermain untuk akademi Atalanta, ia dipromosikan ke tim utama La Dea pada 27 Oktober 2019 saat menghadapi Udinese.

Turun sebagai pemain pengganti di menit ke-79, lima menit kemudian ia mencetak gol debutnya dan membantu timnya menang telak 7-1.

Meski secara total ia hanya tampil 3 kali sepanjang musim 2019/2020 lalu, bakat besarnya tak luput dari perhatian banyak pihak. Kapten Atalanta, Alejandro Gomez, bahkan menyamakan Diallo dengan Lionel Messi.

“Sejumlah pemain belakang di tim utama yang terkadang kesulitan menghentikannya. Untuk menghentikannya di sesi latihan, kami harus menendangnya. Permainannya seperti Lionel Messi,” kata Gomez seperti dikutip The United Stand.

Meski minim pengalaman di tim utama, rekor Amad Diallo di tim primavera Atalanta memang terbilang mencengangkan dengan catatan 37 gol dan 24 assist dari 93 penampilan.

Berposisi sebagai sayap kanan, pemuda Pantai Gading yang kini memegang paspor Italia ini memang memiliki kecepatan dan kemampuan olah bola yang sangat baik.

Kedua kemampuan itu memudahkan melewati para pemain belakang dan melakukan tusukan ke tengah untuk kemudian melepaskan umpan ataupun melakukan penyelesaian akhir sendiri.

Dengan usianya yang baru 18 tahun, ia diyakini akan menjadi andalan jangka panjang MU, sekaligus pesaing utama Mason Greenwood yang selama ini diandalkan Solskjaer di sayap kanan. Apalagi, performa Greenwood musim ini sedikit menurun dibandingkan musim lalu.

Menariknya, Diallo dan Greenwood diketahui memiliki kesamaan, yakni tidak memiliki kaki dominan dan bisa menggunakan kaki kanan dan kiri sama baiknya (ambidextrous).

Meski demikian, Solskjaer diyakini tak akan terburu-buru memainkan Amad Diallo dan akan memberinya waktu untuk beradaptasi lebih dulu.

“Dia pemain yang memiliki bakat mentah yang dibutuhkan untuk menjadi pemain penting MU di tahun-tahun mendatang,” kata sang manajer.

Menarik ditunggu akan seperti apa penampilan Amad Diallo ketika akhirnya dipercaya tampil membela Manchester United di sisa musim ini.