In-depth

Bedah Formasi Menjanjikan Manchester United Usai Kedatangan Amad Diallo

Jumat, 8 Januari 2021 10:46 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Resmi direkrut oleh raksasa Liga Inggris, Manchester United, winger muda Amad Diallo Traore pun siap meningkatkan kualitas tim di bawah Ole Gunnar Solskjaer. 

Amad Diallo Traore resmi menjadi rekrutan teranyar Manchester United jelang dibukanya bursa transfer musim dingin bulan Januari di Liga Inggris.

Manchester United dan Atalanta selaku klub asal Amad Diallo sebenarnya telah saling sepakat di bursa transfer musim panas kemarin. Namun, kepindahan winger berusia 18 tahun tersebut baru bisa terlaksana di jendela transfer sekarang.

Diallo ditebus Man United dari Atalanta dengan banderol senilai 37,2 juta poundsterling (sekitar Rp702 miliar). Kedatangannya ke Old Trafford diharapkan bisa menjadi penerus tongkat estafet winger berbahaya yang selalu dimiliki oleh Man United. 

Amad Diallo yang bermain di posisi sayap kanan diharapkan mampu bermain dengan apik dalam formasi 4-2-3-1 yang dipakai Man United di bawah Solskjaer.

Man United selama ini belum memiliki pemain spesialis sayap kanan. Tim Setan Merah kerap bongkar pasang pemain pada posisi ini.

Sejumlah pemain yang pernah menghuni posisi ini antara lain adalah Daniel James, Jesse Lingard, Marcus Rashford, dan Mason Greenwood. Namun dari nama-nama tersebut, belum ada yang benar-benar tampil maksimal.

Pasalnya, posisi sayap kanan bukanlah keahlian masing-masing dari empat pemain di atas. Untuk itu, dengan kedatangan Amad Diallo, diharapkan sektor sayap kanan Man United bisa lebih kuat. 

© twitter.com/TheTransferEx
Wonderkid anyar Man United, Amad Diallo Copyright: twitter.com/TheTransferExWonderkid anyar Man United, Amad Diallo

Dengan datangnya Amad Diallo, maka formasi menjanjikan pun kini dimiliki oleh Man United. Dalam formasi 4-2-3-1, Amad Diallo akan memainkan posisi penyerang sayap kanan. 

Di posisi itu, Amad Diallo akan dibantu oleh Wan-Bissaka yang bermain di posisi bek sayap kanan. Di sisi lapangan tengah, Diallo akan bekerja sama dengan Bruno Fernandes yang bermain sebagai penyerang lubang. 

Dengan kedatangan Amad Diallo, Man United pun bisa menempatkan Marcus Rashford di posisi penyerang kiri yang merupakan spesialisasi utamanya. Trio Diallo-Fernandes-Rashford akan menopang sekaligus menyuplai bola untuk penyerang tunggal mereka, Anthony Martial. 

Bergeser lebih ke belakang, Man United bakal memainkan double pivot gelandang bertahan yang diperankan oleh Scott McTominay dan Paul Pogba/Fred. Peran keduanya bakal memudahkan Amad Diallo dalam mendapatkan aliran bola dari belakang. 

© Michael Regan/Getty Images
Selebrasi gol Marcus Rashford di laga Manchester United vs Wolves. Copyright: Michael Regan/Getty ImagesSelebrasi gol Marcus Rashford di laga Manchester United vs Wolves.

Sementara di posisi bek, Manchester United bakal memainkan duet Victor Lindelof/Eric Bailly dan Harry Maguire di barisan tengah dan Luke Shaw di posisi fullback kiri. Untuk posisi kiper, Man United bisa memainkan David de Gea yang relatif tampil stabil di Liga Inggris

Jika Ole Gunnar Solskjaer ingin mencoba variasi lain seperti formasi 4-3-3, Amad Diallo juga bisa memainkan peran penyerang sayap kanan. Bedanya, ia akan tampil lebih ke depan, sejajar dengan ujung tombak, Anthony Martial, dan Marcus Rashford di posisi kiri. 

Perkiraan Formasi Manchester United (4-2-3-1):
David de Gea; Aaron Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Scott McTominay, Paul Pogba; Amad Diallo, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Anthony Martial.