Bola Internasional

Mengenal Omar Richards: Bek Muda Incaran Bayern Munchen yang Siap Gebrak Eropa

Minggu, 10 Januari 2021 19:31 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Sebuah kabar mengejutkan datang dari pergerakan Bayern Munchen di bursa transfer musim dingin Januari 2021 ini.

Dimana mereka dirumorkan tengah mengincar bek muda potensial milik salah satu klub kasta kedua Liga Inggris, yakni Omar Richards.

Pemain berusia 22 tahun itu saat ini tengah berkarier bersama Reading FC di Divisi Championship, sejak dipormosikan ke tim utama pada tahun 2017 lalu.

Menurut laporan The Telegraph, Bayern Munchen saat ini sedang berada dalam jalur yang mulus untuk mendapatkan tanda tangan Omar Richards.

Pasalnya sang pemain diketahui urung meneken perpanjangan kontrak yang telah disodorkan Reading, lantaran masa baktinya akan segera berakhir pada Juni 2021 mendatang. 

Itu artinya, Munchen berpeluang besar mendapatkannya secara gratis karena Richards juga sejatinya ingin bermain di klub yang lebih besar, guna meningkatkan kualitas permainannya.

Siapa Omar Rihcard?

Lantas siapa sosok Omar Richards, yang dalam beberapa hari terakhir menyita perhatian karena masuk dalam daftar buruan tim sekelas Bayern Munchen?

Omar Richards adalah pemain muda yang diawal kariernya sempat mendapat stigma miring, bahwa permainan dan kemampuannya dinilai tidak berkembang oleh staf pelatih junior Fulham, sehingga ia diputus kontraknya pada usia 16 tahun.

Tak berselang lama, Richards kemudian mencari klub baru. Bek yang beroperasi di posisi sektor kiri itu menemukan pelabuhan baru yakni Reading FC.

Ia bergabung pada Juli 2016 untuk tim Reading U-18. Di musim pertama, Richards langsung menunjukan kemampuan terbaiknya. Dirinya tampil stabil di setaip pertandingan, sehingga dipromosikan untuk ke tim U-23.

Berjalannya musim 2016-2017 terasa begitu cepat bagi Richards lantaran ia tidak butuh waktu lama untuk bisa naik level. 

Total Omar Richards bermain sebanyak 22 pertandingan dan mencetak 1 gol di tim Reading U-23 sepanjang musim 2016-2017.

Statistik tersebut rupanya membawa Omar Richards kembali naik level. Ia dipromosikan ke tim utama Reading, dengan masuk dalam skuat pramusim untuk persiapan musim 2017-2018. 

Tak disangka, pemuda kelahiran London itu tampil sebagai bek kiri di tim utama selama empat pertandingan pramusim Reading.

Setelah menunjukan kebolehan di laga pramusim, waktu Omar Richards untuk bisa debut di tim senior akhirnya tiba yaitu pada tanggal 08 Mei 2017.

Omar Richards tampil sebagai pemain pengganti saat melawan Queens Park Rangers, menggantikan Jon Dadi dalam laga perdana Championship musim 2017-2018. Total di musim tersebut ia tampil sebanyak 16 pertandingan.

Kemudian di musim selanjutnya, Omar Richards tetap menjadi pilihan utama pelatih di sektor bek sayap kiri. Performa yang terus menanjak, membuat Richards kemudian dipanggil untuk memperkuat Timnas Inggris U-21 di babak Kualifikasi Euro U-21 pada September 2019 lalu.

Hingga kini, kemampuannya terus meningkat dan menjadi pemain inti di sektor bek sayap kiri asuhan pelatih Jaap Stam.  

Semakin Dekat dengan Bayern Munchen

Namun sayang, keinginannya untuk meningkatkan kualitas permainan dan mencari tantangan baru di tim yang lebih besar membuat Omar Richards diyakni semakin dekat dengan pintu keluar dari klub Reading FC akhir musim nanti.

Bayern Munchen yang gemar mengorbitkan dan memoles pemain muda, jadi tim terdepan untuk mendapatkan tanda tangannya. 

Apalagi klub asal Jerman berjuluk The Bavarians itu juga tengah mencari stok bek sayap, setelah David Alaba dan Jerome Boateng dipastikan akan pergi musim dingin atau panas nanti. 

Total Omar Richards sudah tampil sebanyak 106 pertandingan profesional bersama Reading FC sejak di tim U-18, dengan torehan 4 gol serta 3 assist. 

Melihat usianya yang masih relatif muda untuk berkembang, bergabungnya Omar Richards ke Bayern Munchen nanti bisa membuat kualitasnya meningkat dan siap menggebrak panggung sepak bola Eropa.

Meskipun tidak memiliki catatan gol dan assist musim ini, tetapi dirinya terbukti menjadi bagian penting dari klub dengan catatan 21 pertandingan di semua kompetisi dalam 1.683 menit sepanjang musim 2020-2021 ini.