Liga Indonesia

Arema FC Sebut Ada 4 Tantangan yang Dihadapi Sepak Bola Nasional Saat Ini

Selasa, 12 Januari 2021 10:46 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Pipit Puspita Rini
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Laga ujicoba antara Arema FC vs Madura United di Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (21/10/20). Arema menang tipis 4-3 dari Madura United. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Laga ujicoba antara Arema FC vs Madura United di Stadion Kanjuruhan Malang, Rabu (21/10/20). Arema menang tipis 4-3 dari Madura United.

INDOSPORT.COM - Media Officer Arema FC, Sudarmaji, menyebut ada setidaknya empat tantangan besar yang mesti dihadapi klub dan sepak bola nasional terkait situasi saat ini.

Terhentinya kompetisi berpengaruh besar terhadap eksistensi klub di berbagai sektor. Secara khusus, pihaknya memaklumi kesulitan yang tengah dialami PSSI selaku federasi sepak bola nasional.

"Situasii saat ini sangat sulit. Yang pertama, federasi sudah tidak boleh mempunyai kesempatan mengadakan kompetisi," kata Sudarmaji.

Dia pun membandingkan dengan kasus yang sama pada musim 2015. Bedanya, saat itu tim Singo Edan masih bisa menghela napas setelah izin menggelar laga sepak bola tetap terbit.

Situasi saat ini berbeda jauh. PSSI dihadapkan pada masalah kepentingan umum, yakni masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

"Kedua, kita dihadapkan pada (sulitnya) izin (menggelar pertandingan). Yang ketiga, kita juga dihadapkan pada protokol kesehatan. Dan yang keempat, kita mesti melakukan negosiasi ulang terhadap semua pihak baik pemain, pelatih, ofisial hingga sponsor," ujar Sudarmaji.

Pihaknya juga berharap, bahwa federasi bisa segera memberi kepastian terhadap status kompetisi. Karena hal itu akan menentukan langkah klub selanjutnya, setelah hanya bisa jalan di tempat.