Bola Internasional

Profil Pemain Garuda Select 3: Faiz Maulana, Sang Penerus Bambang Pamungkas

Selasa, 12 Januari 2021 11:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Pipit Puspita Rini
Pemain Garuda Select 3, Muhammad Faiz Maulana. Copyright: © Instagram@muhammad_faiiss
Pemain Garuda Select 3, Muhammad Faiz Maulana.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 3, Muhammad Faiz Maulana, yang punya tekad kuat untuk bisa mengikuti jejak idolanya, striker kawakan Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas.

Sama seperti Bambang Pamungkas, Faiz Maulana juga berposisi sebagai striker. Menariknya, pesepak bola asal Bekasi itu mengenal sepak bola seorang diri, bahkan tanpa dukungan dari pihak keluarga.

Faiz Maulana mengenal sepak bola sejak berusia enam tahun. Berkat ketekunan dan kemampuan Faiz, orang tua pun memberinya kesempatan untuk masuk SSB Irpas Putra Bekasi. Faiz kemudian hijrah ke Jakarta.

Faiz Maulana menjadi buruan sejumlah tim besar, mulai dari Bina Taruna Cibubur, FASS Junior, hingga kemudian memperkuat Bina Taruna FA dan meraih gelar top skorer di ajang Liga TopSkor U-16 2019/2020.

Dari kompetisi Liga TopSkor, jalan Faiz untuk meneruskan jejak Bambang Pamungkas terbuka lebar. Striker kelahiran 15 Juli 2004 itu terpilih dalam seleksi Garuda Select 3 ke Inggris, dan membuka mata keluarganya.

"Saya sangat bangga sekali, senang banget. Bahkan saudara-saudara yang tadinya nggak suka sepak bola jadinya mulai cinta sama sepak bola, terharu juga," tutur sang ayah, Asep Mulyawan, dalan Liga TopSkor.

Direktur Liga TopSkor Yusuf Kurniawan alias Bung Yuke juga mengakui kualitas dan kemampuan Faiz Maulana, baik saat mengolah si kulit bundar maupun ketika berada di luar lapangan hijau.

Pemain Garuda Select 3, Muhammad Faiz Maulana. Copyright: Instagram@muhammad_faiissPemain Garuda Select 3, Muhammad Faiz Maulana.

"Ini baru pemain bola, ngomongnya lancar, ekspresif, itu perlu. Pemain bola itu nggak cuma pintar di lapangan, tapi juga pintar komunikasi, supaya nanti di lapangan juga mudah berkoordinasi dengan pemain," kata Yusuf Kurniawan.

Sebelum menjejakkan kaki di Inggris, Faiz Maulana sejatinya sudah berpengalaman bermain di kancah internasional. Kala itu ia tampil apik di Liga Kacang Garuda dan lolos seleksi program Gothia Cup 2019 di Swedia.

Menarik untuk menantikan aksi Faiz Maulana di bawah asuhan Des Walker dan Dennis Wise. Apakah ia bisa menyusul Bagus Kahfi main di Eropa, dan mengikuti jejak Bambang Pamungkas di Timnas.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%