In-depth

Bedah Formasi Mengerikan Juventus Usai Kedatangan Nicolo Rovella dan Abdoulaye Dabo

Rabu, 13 Januari 2021 15:54 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Dua bintang belia eropa, Nicolo Rovella dan Abdoulaye Dabo, selangkah lagi gabung Juventus. Seperti apa keduanya melebur dalam formasi Andrea Pirlo? Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Dua bintang belia eropa, Nicolo Rovella dan Abdoulaye Dabo, selangkah lagi gabung Juventus. Seperti apa keduanya melebur dalam formasi Andrea Pirlo?

INDOSPORT.COM - Dua bintang belia eropa, Nicolo Rovella dan Abdoulaye Dabo, selangkah lagi gabung raksasa Liga Italia, Juventus. Seperti apa keduanya melebur dalam formasi Andrea Pirlo?

Juventus selangkah lagi memboyong Nicolo Rovella dari Genoa. Wonderkid alumni Inter Milan ini berpotensi jadi eksekutor tendangan bebas andalan di masa depan.

Berstatus sebagai juara Serie A Italia selama 9 musim terakhir, performa Juventus sedikit menurun musim ini. Bermain di bawah asuhan Andrea Pirlo yang baru pertama kali membesut tim profesional, Si Nyonya Tua kini masih tertahan di peringkat 4 klasemen sementara.

Situasi ini membuat Juventus mencoba berbenah di bursa transfer musim panas ini. Menurut laporan dari Football Italia, Nicolo Rovella akan didatangkan Juventus dari Genoa setelah tercapainya kesepakatan untuk menukar pemain. 

Jurnalis kenamaan Italia, Fabrizio Romano menyebut wonderkid berusia 19 tahun itu telah menjalani tes medis di markas Juventus dan kedua klub telah menyepakati banderol 10 juta euro (Rp172 miliar).

Rovella disebut akan dipinjamkan kembali ke Genoa hingga akhir musim ini dan baru akan bergabung dengan Cristiano Ronaldo dkk pada musim panas nanti. Bergabungnya Rovella tentu akan menambah angin segar bagi Juventus. 

Bianconeri saat ini memang membutuhkan pemain muda untuk penyegaran skuad. Selain Rovella, kabarnya Juventus juga tengah mengincar gelandang belia Nantes, Abdoulaye Dabo. 

Abdoulaye Dabo kabarnya sudah tiba di Turin dan Senin (11/01/21) waktu setempat telah melakukan tes medis di J-Medical. Kedatangannya diharapkan dapat menambah solid lini tengah Si Nyonya Tua. 

Lalu, bagaimana keduanya bakal menyatu dalam formasi Juventus di bawah Andrea Pirlo? Berikut ulasannya. 

Nicolo Rovella dan Abdoulaye Dabo dalam Formasi Juventus

Juventus di tangan Andrea Pirlo musim ini tengah mencari formula yang cocok untuk formasi mereka. Berbagai formasi dicoba Pirlo musim ini mulai dari skema tiga bek sampai empat bek. 

Beberapa formasi yang sudah dipakai Juventus di bawah Pirlo musim ini adalah 3-4-2-1, 3-5-2, 3-4-3, dan 4-4-2. Dari keempat formasi itu, 4-4-2 dan 3-5-2 adalah yang paling sering dipakai. 

Dari 10 laga terakhir, Pirlo memakai formasi 4-4-2 dan dua sisanya adalah formasi 3-5-2. Dua formasi yang dipakai Andrea Pirlo bersama Juventus sendiri di atas kertas kurang begitu sesuai dengan posisi natural Nicolo Rovella dan Abdoulaye Dabo. 

Namun begitu, bukan berarti keduanya tak bisa bersinergi. Nicolo Rovella adalah pemain berposisi gelandang bertahan. Ia bisa dimainkan di posisi keduanya sebagai gelandang tengah. 

© Marco Canoniero/LightRocket via Getty Images
Nicolo Rovella, pemain Genoa. Copyright: Marco Canoniero/LightRocket via Getty ImagesNicolo Rovella, pemain Genoa yang tengah merapat ke Juventus.

Sementara itu, Abdoulaye Dabo biasa mengisi pos gelandang serang dan sayap. Posisi utamanya adalah sayap kiri, tetapi ia bisa main sebagai gelandang serang dan sayap kanan. 

Dalam formasi 4-4-2, bisa dilihat bahwa Nicolo Rovella cocok dimainkan sebagai satu dari dua gelandang di tengah. Nicolo Rovella akan bekerja sama dengan Rabiot atau pun Bentancur siapa yang akan diturunkan pelatih.

Dalam formasi ini, tak ada lagi posisi yang sesuai bagi Rovella selain gelandang tengah. Sementara untuk Abdoulaye Dabo, ia bisa memainkan dua posisi yakni gelandang kiri dan gelandang kanan. 

Namun, jika merujuk pada posisi aslinya sebagai sayap kiri, maka posisi gelandang kiri adalah yang terbaik untuknya. Pada posisi ini ia akan menggusur Aaron Ramsey atau pun Alex Sandro yang biasa dipasang Pirlo di pos gelandang kiri. 

Kemudian, bagaimana dengan formasi 3-5-2? Formasi ini menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi ketimbang 4-4-2. Pada formasi ini, Rovella bisa main sebagai gelandang bertahan yang diapit oleh dua gelandang lain masing-masing di kiri dan kanan. 

Perannya bakal lebih sentral dalam menahan bola dan menginisiasi serangan balik. Sementara bagi Dabo, pos gelandang kiri bisa jadi sasaran operasinya. 

Pada formasi 3-5-2, peran Dabo bakal lebih condong menyerang ke depan mirip dengan sayap kiri. Hal ini disebabkan oleh ketiadaan bek sayap dalam formasi tiga bek di 3-5-2. 

Jika melihat potensi kedua pemain, harusnya Juventus bisa mendapatkan untung di masa depan. Baik Rovella maupun Dabo adalah dua pemain muda menjanjikan di Eropa saat ini yang bisa membawa perubahan untuk tim di Liga Italia. 

4-4-2: Szczesny; Frabotta, de Ligt, Bonucci, Danilo; Dabo, Rovella, Rabiot, Chiesa; Ronaldo, Dybala. 

3-5-2: Szczesny; Bonucci, de Ligt, Danilo; Dabo, Bentancur, Rovella, McKennie, Chiesa; Ronaldo, Dybala.

IDS Emoticon Suka
Suka
40%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
20%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
40%