In-depth

Mengenal Nicolo Rovella, Alumni Inter Milan Calon Eksekutor Tendangan Bebas Juventus

Selasa, 12 Januari 2021 13:38 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Marco Canoniero/LightRocket via Getty Images
Juventus selangkah lagi memboyong Nicolo Rovella dari Genoa. Wonderkid alumni Inter Milan ini berpotensi jadi eksekutor tendangan bebas andalan di masa depan. Copyright: © Marco Canoniero/LightRocket via Getty Images
Juventus selangkah lagi memboyong Nicolo Rovella dari Genoa. Wonderkid alumni Inter Milan ini berpotensi jadi eksekutor tendangan bebas andalan di masa depan.

INDOSPORT.COMJuventus selangkah lagi memboyong Nicolo Rovella dari Genoa. Wonderkid alumni Inter Milan ini berpotensi jadi eksekutor tendangan bebas andalan di masa depan.

Berstatus sebagai juara Serie A Italia selama 9 musim terakhir, performa Juventus sedikit menurun musim ini. Bermain di bawah asuhan Andrea Pirlo yang baru pertama kali membesut tim profesional, Si Nyonya Tua kini masih tertahan di peringkat 4 klasemen sementara.

Situasi ini membuat Juventus mencoba berbenah di bursa transfer musim panas ini. Pakar transfer Italia, Fabrizio Romano, bahkan menyebut tim yang bermarkas di kota Turin itu tinggal selangkah lagi mendatangkan pemain anyar.

Sosok yang dimaksud adalah bintang muda milik Genoa, Nicolo Rovella. Romano menyebut wonderkid berusia 19 tahun itu telah menjalani tes medis di markas Juventus dan kedua klub telah menyepakati banderol 10 juta euro (Rp172 miliar).

Meski demikian, Rovella disebut akan dipinjamkan kembali ke Genoa hingga akhir musim ini dan baru akan bergabung dengan Cristiano Ronaldo dkk pada musim panas nanti.

Alumni Inter Milan

Meski mengawali karier profesionalnya di Genoa usai membela akademi klub tersebut, perjalanan sepak bola Nicolo Rovella justru dimulai bersama akademi Inter Milan. Bakat gemilangnya bahkan membuahkan trofi Piala Gothia untuk Nerazzurri.

Penampilan gemilangnya bersama akademi Inter Milan pun mulai membuat Rovella menjadi bidikan sejumlah klub. Puncaknya, usai tampil memukau di ajang Nike Premier Cup, ia diboyong oleh Genoa.

Bersama Il Grifone, bakatnya terus berkembang hingga akhirnya pada Desember 2019 lalu, ia menjalani debut di tim senior Genoa ketika menghadapi Ascoli di ajang Coppa Italia, dan kemudian tampil 2 kali di Serie A Italia.

Menariknya, dua penampilan yang dibuat Rovella di musim lalu semuanya terjadi ketika Genoa berhadapan dengan klub tempatnya mengawali karier sepak bola yakni Inter Milan.

Musim ini sendiri Rovella telah mencatakan 9 penampilan di Serie A Italia dengan 7 di antaranya sebagai pemain mula. Sayangnya, ia masih belum mampu mencetak satu pun gol maupun assist.

Sementara itu, di tingkat internasional Rovella juga merupakan pemain andalan timnas junior Italia di berbagai kelompok usia, mulai dari U-17, U-18, U-19, hingga kini di U-21.

Pencapaiannya di timnas junior pun tak bisa dianggap remeh dengan membawa Italia ke final Piala Eropa U-17 serta ditunjuk menjadi kapten timnas Italia U-19.

Rovella sendiri dikenal mampu memainkan sejumlah peran di lini tengah mulai dari gelandang bertahan, gelandang tengah, hingga gelandang serang.

Meski mengidolakan gelandang Real Madrid sekaligus periah Ballon d’Or 2018, Luka Modric, sejumlah pihak justru menilai gaya permainannya lebih mirip dengan gelandang Juventus asal Uruguay, Rodrigo Bentancur.

Di musim keduanya di Serie A Italia ini, Nicolo Rovella sukses mencuri perhatian meski belum menjadi pilihan rutin di lini tengah Genoa. Pasalnya, setiap kali diturunkan, ia dipercaya menjadi eksekutor utama tendangan bebas untuk Il Grifone, mengungguli sejumlah pemain yang lebih senior.

Meski masih gagal menyumbangkan gol maupun assist, kemampuannya dalam mengeksekusi tendangan bebas diyakini bisa meningkat pesat mengingat musim depan ia bisa berlatih bersama Cristiano Ronaldo yang piawai melepaskan tendangan bebas.

Dengan usianya yang baru 19 tahun, dan bakat besarnya yang telah ditunjukkan bersama Genoa dan timnas junior Italia, bukan tidak mungkin Nicolo Rovella akan menjadi andalan di lini tengah Juventus untuk beberapa tahun ke depan, serta menjadi eksekutor tendangan bebas andalan Si Nyonya Tua.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%