Bursa Transfer

Gara-gara Ronaldinho, Barcelona Gagal Kawinkan Messi-Ronaldo di Masa Lalu

Kamis, 14 Januari 2021 14:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi.

INDOSPORT.COM – Barcelona rupanya pernah gagal mengawinkan bakat Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dalang di balik kegagalan rencana itu adalah Ronaldinho.

Kegagalan Barcelona dalam upaya mereka menyatukan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo diungkapkan langsung oleh mantan presiden klub, Joan Laporta.

Kembali pada tahun 2003, raksasa Catalan sempat ditawari seorang agen untuk merekrut Cristiano Ronaldo sebelum sang pemain bergabung dengan Manchester United.

Cristiano Ronaldo sendiri masih berusia 18 tahun dan sedang dalam proses meninggalkan tim masa kecilnya, Sporting CP, untuk  mencari pijakan yang lebih tinggi.

Di sisi lain, Lionel Messi masih setahun lagi menuju debut seniornya bersama skuat utama Barcelona. Dan apabila Barca jadi merekrut Ronaldo, maka Messi  akan menjadi rekan setimnya.

Sayangnya, seperti yang dituturkan Laporta, Barca justru malah merekrut pemain ajaib asal Brasil, Ronaldinho dari Paris Saint-Germain. Alhasil, penawaran dari agen untuk merekrut CR7 terpaksa ditolak.

“Kami akan merekrut Ronaldinho dan Rafa Marquez saat itu,” kata Laporta  yang dilansir dari Sportbible.

“Agen Marquez mengusulkan Cristiano Ronaldo kepada kami. Dia masih ada di Sporting Club saat itu,” jelas Laporta.

Diketahui pula, sang agen menawarkan Cristiano Ronaldo dengan harga yang lebih miring kepada Barca. Barca hanya diminta membayar 17 juta euro untuk membeli Ronaldo, yang saat itu juga ditawarkan kepada Manchester United dengan harga 19 juta euro.

“Tapi kami sudah membeli Ronaldinho pada saat itu. Cristiano bermain lebih melebar daripada ke tengah. Kami pikir kami tertutup, jadi kami menolaknya dan saya tidak menyesalinya.”

Setelah gagal merapat ke Barcelona, Ronaldo justru resmi pindah ke Manchester United. Kepindahannya saat itu menjadikan dirinya sebagai remaja termahal di dunia saat itu. Sementara Ronaldinho menjalani lima musimnya di Barce dengan sarat trofi.

Ronaldinho membawa Barca ke kejayaan Liga Champions pada tahun 2006, serta memenangkan Ballon d’Or.

Ronaldo pun melakukan hal yang sama untuk Manchester United pada 2008. Lalu setahun kemudian, dia pindah ke Real Madrid dengan biaya rekor senilai 80 juta pounds.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%