Liga Indonesia

Bisa Dipanggil Timnas SEA Games, Begini Respons Penyerang Timnas U-19

Sabtu, 16 Januari 2021 13:25 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Striker Timnas Indonesia U-19, Irfan Jauhari saat mengikuti laga internal game di Spanyol. Copyright: © PSSI
Striker Timnas Indonesia U-19, Irfan Jauhari saat mengikuti laga internal game di Spanyol.

INDOSPORT.COM - Penyerang timnas Indonesia U-19, Irfan Jauhari, belum memikirkan peluang dipanggil untuk SEA Games 2021. Baginya, dipanggil atau tidak dipanggil, mengembangkan potensi sepak bola menjadi fokus utama.

Irfan sejatinya merupakan salah satu bakat besar dari Jawa Timur. Setelah tampil mengesankan bersama Bali United U-18, karier Irfan terus melejit. Dia menjadi pilar tak tergantikan di sektor penyerangan timnas Indonesia U-19.

Irfan bahkan sempat dipromosikan ke timnas senior pada Agustus 2020, namun situasi dunia membuat peluangnya berkarier di internasional harus tertunda. Setelah Piala Dunia U-20, kini giliran Piala Asia U-19 yang batal.

SEA Games 2021 menjadi salah satu peluang Irfan untuk berprestasi. Dengan segudang potensi yang dimiliki, dia berpeluang dipanggil untuk SEA Games. Selain dia, ada pula Elkan Baggot, Rizky Ridho, hingga Witan Sulaeman.

Terkait hal itu, Irfan belum memikirkannya lebih jauh. Sepulang dari Spanyol, dia akan tetap bekerja keras agar potensi sepak bolanya terus berkembang.

"Saya tetap fokus untuk mengembangkan potensi saya. Dipanggil atau tidak, saya tetap harus fokus mengembangkan potensi saya di sepak bola," ucap Irfan Jauhari, Jumat (15/1/21).

Besar kemungkinan para penggawa timnas U-19 mendapat tiket promosi ke level lebih tinggi. Secara skill maupun fisik, mereka tak kalah, bahkan dari segi pengalaman bertanding pun sudah ditempa dengan menjajal tim-tim Asia dan Eropa.

Malaysia sudah mengambil keputusan untuk menurunkan timnas Indonesia U-19 di SEA Games 2021. Menarik untuk menanti langkah Indonesia. Akhir tahun lalu, Shin Tae-yong memanggil 36 pemain yang terdiri dari 18 pemain U-22 dan 18 pemain berstatus senior.

Belum ditetapkan kapan timnas SEA Games akan menggelar persiapan lagi, namun target emas dari Menpora Zainudin Amali membuat persiapan kemungkinan segera dimulai lagi. Apalagi, Shin Tae-yong juga tak memiliki agenda dalam waktu dekat.