Liga Indonesia

Usulan Tak Ada Degradasi Liga 1 2021, Presiden Klub PSHW: Tidak Ada Artinya Kompetisi Itu

Selasa, 19 Januari 2021 22:34 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Media PS Hizbul Wathan
Presiden PSHW (PS Hizbul Wathan), Dhimam Abror. Copyright: © Media PS Hizbul Wathan
Presiden PSHW (PS Hizbul Wathan), Dhimam Abror.

INDOSPORT.COM - Rapat antara operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan sejumlah klub Liga 1 dan Liga 2 sudah selesai pada Jumat (15/01/21). Pada rapat tersebut PT LIB meminta masukan dari mereka mengenai kelanjutan kompetisi.

Dari beberapa masukan tersebut ada beberapa klub yang meminta jika untuk kompetisi 2021, degradasi untuk sementara ditiadakan. Wacana tersebut disampaikan oleh PSM Makassar dan mendapat dukungan dari Borneo FC, PSS Sleman dan Persita Tangerang.

Wacana ini pun langsung ditanggapi oleh Presiden klub Liga 2 PS Hizbul Wathan (PSHW), Dhimam Abror. Baginya hal seperti ini seperti menganaktirikan klub Liga 2 dan Liga 3 yang di mana sudah pasti setiap pesertanya ingin promosi ke kasta teratas.

"Lagian kompetisi ini ada daya tariknya yaitu promosi degradasi. Kalau Liga 1 juara akan tampil di AFF, lalu AFC sampai Piala Dunia Antar Klub jenjangnya jelas. Kalau tidak ada itu (degradasi), ya tidak ada artinya kompetisi itu," kata Dhimam Abror pada Senin (18/01/21).

Sementara itu disisi lain, setelah pertemuan PT LIB dengan peserta Liga 1 dan Liga 2 secara virtual. Mereka memutuskan supaya kompetisi 2020 dihentikan dan segera melakukan persiapan kompetisi 2021.

Usulan tersebut nantinya bakal dibawa dalam rapat PSSI dan Exco yang rencananya digelar pertengahan Januari 2021. Barulah dari sana bisa diputuskan seperti apa kompetisi sepak bola nantinya.