Bola Internasional

Deretan Fakta Menarik Usai Pertandingan Leverkusen vs Dortmund

Rabu, 20 Januari 2021 09:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alex Grimm/Getty Images
Pertandingan Bundesliga Jerman antara Bayer Leverkusen vs Borussia Dortmund di Westfalenstadion berakhir dengan kemenangan tim tamu. Copyright: © Alex Grimm/Getty Images
Pertandingan Bundesliga Jerman antara Bayer Leverkusen vs Borussia Dortmund di Westfalenstadion berakhir dengan kemenangan tim tamu.

INDOSPORT.COM - Hasil mengejutkan di Bundesliga Jerman terjadi di pertandingan Bayer Leverkusen vs Borussia Dortmund, Rabu (20/01/21).

Leverkusen berhasil tampil sebagai pemenang lewat skor tipis 2-1. Adalah Florian Wirtz, pemain muda berusia 17 tahun asal Pulheim, Jerman, yang jadi penentu kemenangan timnya atas Die Borussen.

Moussa Diaby membuka keunggulan Leverkusen pada menit ke-14 namun kemudian skor disamakan oleh Julian Brandt pada menit ke-67. Ketika ada kemungkinan kedua klub bakal berbagi poin, Florian Wirtz malah membalik kedudukan pada menit ke-80.

Dengan hasil pertandingan Leverkusen vs Dortmund ini, ada sedikit perubahan di tabel klasemen sementara Bundesliga Jerman 2020-2021. Florian Wirtz dkk kini berada di posisi dua, menyamai perolehan poin RB Leipzig (32).

Meski demikian, RB Leipzig nantinya bisa mengungguli Leverkusen karena masih memiliki tabungan satu pertandingan.

Sebelum kalah dari Leverkusen, penampilan Dortmund musim ini memang sempat jadi sorotan, sampai puncaknya adalah pemecatan Lucien Favre pada bulan Desember 2020. Pada waktu itu, Die Borussen baru saja kalah dari tim promosi, VfB Stuttgart, dengan skor 1-5.

Giovanni Reyna menjadi penyelamat muka timnya setelah mencetak gol tunggal pada menit ke-39. Selebihnya, Stuttgart tidak berhenti menggempur gawang Roman Burki dengan tembakan-tembakan mereka.

Bukan hanya itu, Dortmund bahkan dipermalukan di kandang sendiri, Westfalenstadion, hingga membuat manajemen meradang. Alhasil, karier sang pelatih pun yang harus dikorbankan untuk menyelamatkan tim.

Menyusul kepergian Lucein Favre, Dortmund kemudian menunjuk Edin Terzic sebagai pelatih interim.

Setelah laga mengerikan kontra Stuttgart tersebut, perlahan Dortmund mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan meski sempat kalah saat melawan Union Berlin. Untungnya, mereka hanya ditekuk 1-2 kali ini.

Namun Erling Haaland dkk semalam harus kecewa lagi lantaran gagal meraih poin penuh untuk mendongkrak posisi di klasemen. Walaupun begitu, pertandingan Leverkusen vs Dortmund juga diwarnai sejumlah fakta dan statistik keren yang sayang dilewatkan. Apa saja?

Bayer Leverkusen

- Eksistensi Florian Wirtz makin jadi perbincangan publik setelah ia berhasil menjebol gawang Dortmund semalam. Berdasarkan informasi dari laman resmi Bundesliga Jerman, pemuda ini pun telah memecahkan sebuah rekor hebat.

Pasalnya, ia jadi pemain termuda sepanjang sejarah Bundesliga Jerman yang berhasil mencetak empat gol saat usianya 17 tahun 261 hari.

Florian Wirtz juga pemain muda yang digadang-gadang bisa jadi pengganti Kai Havertz yang belum lama ini hengkang ke Chelsea. Ia bahkan dilabeli sebagai salah satu talenta paling impresif di Jerman oleh pelatih Timnas Jerman U-21, Stefan Kuntz.

Kuntz sendiri tidak segan-segan memberi Wirtz debut di level U-21 meski usia sang pemain masih 17 tahun 159 hari.

- Gol pembuka Moussa Diaby adalah gol kedelapan Leverkusen musim ini yang berhasil dicetak dalam kurun waktu 15 menit pertama.

- Leon Bailey sudah menciptakan assist untuk dua (dari total tiga) gol Diaby musim ini.

- Ini adalah kemenangan pertama Leverkusen setelah gagal meraih satu pun hasil gemilang di empat pertandingan terakhir

Sebelumnya, mereka tiga kali kalah saat menghadapi Union Berlin (Bundesliga Jerman) dan Eintracht Frankfurt (Bundesliga Jerman dan DFB-Pokal), kemudian satu kali imbang saat melawan Werder Bremen (Bundesliga Jerman).

Borussia Dortmund

- Leverkusen vs Dortmund jadi akhir penantian Julian Brandt yang paceklik gol selama 30 pertandingan Bundesliga Jerman. Terakhir kali ia mencatatkan namanya di papan skor adalah matchday ke-18 musim lalu, melawan Augsburg.

- Roman Burki telah melakukan lebih banyak penyelamatan (11) dalam satu pertandingan ketimbang kiper-kiper lain di Bundesliga Jerman.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
50%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%