Liga Indonesia

Produktif Cetak Pemain Muda, PSM Makassar Ingin Lanjutkan di Liga 1 2021

Rabu, 20 Januari 2021 18:55 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Logo klub Liga 1, PSM Makassar. Copyright: © freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Logo klub Liga 1, PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar berencana mengorbitkan lebih banyak pemain muda lagi, terutama lulusan-lulusan terbaik dari akademi di ajang Liga 1 2021.

Sejak 2017, terhitung ada tujuh pemain muda asli Sulawesi Selatan yang berhasil menembus skuat utama dan konsisten bermain di level tertinggi sepak bola nasional.

Mereka adalah Asnawi Mangkualam (bek kanan), Nurhidayat (bek tengah), Reva Adi Utama (bek kiri), Hilmansyah (kiper), Rizky Eka Pratama (pemain sayap), Muhammad Arfan (gelandang), dan Aji Kurniawan (pemain sayap).

Pada 2020, dua dari tujuh pemain orbitan tersebut telah hengkang. Nurhidayat membela Bhayangkara FC sejak 2018 dan Reva Adi Utama berseragam Barito Putera.

Namun, konsistensi Pasukan Ramang menghasilkan pemain muda terus berlanjut, terbukti dengan naik kelasnya sebanyak tujuh pemain akademi pada September 2020.

Para pemain tersebut antara lain Renaldi, Edgard Amping, Muhammad Fahri (bek), Rafly Asrul, Farhan Rahman (gelandang), Prince Patrick Kallon, dan Rivky Maulana (penyerang).

"Kami punya beberapa pemain muda yang mempunyai potensi dan sangat menjanjikan," ungkap Sulaiman Abdul Karim selaku Media Officer PSM Makassar kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (20/1/21).

Sulain menambahkan, tim pelatih mempunyai misi untuk memberi kesempatan lebih besar kepada para lulusan akademi tersebut di ajang Liga 1 2021.

Bahkan, tim pelatih yang saat ini dipimpin oleh Herrie Setyawan, bisa saja mengambil lebih banyak lagi pemain akademi untuk mengisi kuota di skuat senior meneruskan jejak Asnawi Mangkualam dkk.

"Mereka hanya perlu diberi kesempatan lebih untuk sering bermain agar jam terbangnya kian banyak. Biarkan publik menilai nanti," tutur Sule, sapaan akrab Sulaiman Abdul Karim.

"Saya pikir mereka sangat layak mendapat kepercayaan pelatih, apalagi memang ada regulasi baru Liga 1 yang harus memainkan pemain muda," tandasnya. 

Manajemen PSM Makassar sendiri telah mengamankan mayoritas pemain lokal pada musim lalu untuk kembali berseragam merah marun mengarungi Liga 1 2021.