Liga Indonesia

Liga 1 2020 Resmi Dibatalkan, Bali United Ingin Segera Ada Laga Resmi

Kamis, 21 Januari 2021 15:27 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
© Official Bali United
Update foto latihan Bali United di Lapangan Trisakti, Legian, Badung. Copyright: © Official Bali United
Update foto latihan Bali United di Lapangan Trisakti, Legian, Badung.

INDOSPORT.COM - Bali United berharap segara ada kompetisi baru, setelah PSSI resmi membatalkan Liga 1 2020 dengan status force majeur. Latihan maupun laga uji coba tak akan sebanding artinya dengan pertandingan resmi.

PSSI resmi membatalkan Liga 1 2020 melalui rapat komite eksekutif (Exco), Rabu (20/1/21). Rapat itu digelar setelah sebelumnya PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar rapat virtual bersama petinggi klub.

Kepastian ini membuat hasil dari tiga partai Liga 1 2020 resmi hangus. Dalam tiga laga yang sempat dijalani, Persib Bandung memimpin klasemen dengan sembilan poin, diikuti Bali United dengan tujuh poin.

Bila ditarik ke belakang, keputusan ini berselang sepuluh bulan lebih dari partai terakhir Liga 1 2020. Para klub memainkan partai pekan ketiga Liga 1 pada 15 Maret 2020 lalu.

Setelah itu kompetisi gagal dilanjutkan lantaran tak dapat izin dari Mabes Polri. Padahal, sempat ada tiga rencana untuk melanjutkan Liga 1 2020, yakni bulan Oktober, November serta Februari 2021.

Status Liga 1 2020 yang sudah dibatalkan membuat klub "sedikit" bernapas lega. Bagi yang terikat kontrak satu musim, otomatis jalinan kerja sama resmi berakhir bulan ini. Klub pun tak akan pusing mengeluarkan dana untuk menggaji awak tim.

Namun, di sisi lain klub juga perlu memikirkan perencanaan musim 2021. Bila tak ingin pemain andalan hengkang ke klub lain, kontrak baru tentu perlu dibahas. Paling tidak, mereka bisa mengikat pemain yang benar-benar jadi kunci tim.

Bali United menjadi salah satu klub yang telah memikirkan hal ini. Bahkan, para pemain asing sudah diperpanjang kontraknya satu tahun, yakni Melvin Platje dan Brwa Nouri.

"Semua kontrak pemain tentu kami akan laksanakan sesuai dengan peraturan. Sejauh ini sudah ada beberapa pemain yang sepakat untuk perpanjangan kontrak, seperti yang selalu di-update di media sosial kami," ucap Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri.

Namun, untuk pemain lokal, belum ada rilis tentang perpanjangan kontrak. Padahal banyak yang kontraknya habis, seperti Wawan Hendrawan, Fadil Sausu hingga Stefano Lilipaly.

Yabes memastikan hal ini masih dibahas dengan manajer tim dan staf pelatih. Yabes pun berharap kompetisi Liga Indonesia segera diputar kembali. Terlalu lama bagi para pemain menanti berlaga di lapangan lagi.

"Harapan kami tentunya ada pertandingan secepat mungkin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, karena seorang atlet tentunya ingin selalu berkompetisi. Latihan maupun friendly match tidak akan bisa sebanding dengan pertandingan kompetisi yang sesungguhnya," jelas Yabes Tanuri.

Bali United belum menentukan kapan tim akan kumpul. Mereka masih akan menunggu kejelasan dari Liga 1 2021. Sementara fase grup Piala AFC 2021 baru akan digelar pada bulan Juni mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%