Bola Internasional

3 Kehebatan Dayot Upamecano yang Bikin Bayern Munchen Tangguh

Selasa, 26 Januari 2021 16:25 WIB
Editor: Juni Adi
© ANP Sport/GettyImages
Bek tengah RB Salzburg, Dayot Upamecano masuk dalam daftar klub Liga Inggris, Chelsea. Copyright: © ANP Sport/GettyImages
Bek tengah RB Salzburg, Dayot Upamecano masuk dalam daftar klub Liga Inggris, Chelsea.

INDOSPORT.COM - Bek RB Leipzig, Dayot Upamecano tengah menjadi komoditi panas setiap kali jendela bursa transfer dibuka, karena banyak diincar oleh klub-klub top Eropa salah satunya adalah Bayern Munchen.

Namun Bayern Munchen harus bersaing dengan klub lain seperti Liverpool dan Manchester United, yang juga membutuhkan tenaga baru di sektor belakang.

Akan tetapi sejauh ini belum ada tim yang sudah mengajukan tawaran, lantaran mereka tahu ada klausul yang aktif di pertengahan tahun ini sehingga harganya lebih murah yakni 42-45 juta euro, ketimbang membelinya sekarang.

Bayern Munchen sendiri tengah mencari bek, setelah mereka berpeluang kehilangan beberapa nama beken di sektor pertahanan seperti DavidAlaba dan Jerome Boateng, yang masa tinggalnya di Allianz Arena selesai akhir musim ini.

Akan tetapi Bayern Munchen tidak mau mengakui secara terbuka kalau mereka juga peminat bek berusia 22 tersebut.

"Kami tentu akan coba mendekatinya, tidak cuma Dayot Upamecano, tapi dengan pemain incaran kami lainnya ," ujar CEO Bayern Munich, Karl-Heinz Rummenigge, seperti dikutip Bild.

"Terlalu dini untuk membicarakan soal itu, dia masih pemain Leipzig sampai akhir musim. Tapi semua orang tahu kalau dia punya klausul itu dalam kontraknya," sambungnya.

Lantas kehebatan apa yang dimiliki Dayot Upamecano sehingga banyak dikejar-kejar tim-tim top Eropa? berikut ulasannya:

1. Bek Tangguh

Dayot Upamecano merupakan salah satu bek tangguh yang sedang dalam performa menanjak musim ini. Duetnya bersama Wili Orban di lini belakang membuat RB Leipzig jadi salah satu tim yang sulit untuk dibobol di Bundesliga Jerman maupun Liga Champions musim ini.

Hal itu dibuktikan dari jumlah kebobolan RB Leipzig di Bundesliga yakni baru 12 gol, dan bertengger di posisi kedua. Bahkan mereka mengalahkan tim pemuncak klasemen Bayern Munchen yang sudah kebobolan 24 gol sejauh ini.

Selain itu, pemain asal Inggris ini juga memiliki keunggulan rate recovery ball yang apik. 

Bahkan, Upamecano mencatatkan statistik tekel yang lebih apik dari Van Dijk dan Joe Gomez di Liverpool.

Rataan tekel pemain kelahiran 27 Oktober 1988 tersebut menyentuh angka 2,0 per laga, sedikit lebih tinggi dari Van Dijk (0,6 per laga) dan Gomez (1,0) per laga. 

2. Konsisten

Dayot Upamecano merupakan sosok pemain yang pas untuk Bayern Munchen. Dia adalah salah satu pemain paling konsisten di Bundesliga Jerman dalam beberapa tahun terakhir bersama RB Leipzig.

Musim ini, ia tak tergantikan di lini belakang RB Leipzig di semua kompetisi dengan jumlah laga sejauh ini 20 pertandingan mencetak 2 gol serta 1 assist.

Itu artinya, Dayot memiliki presentase 67 persen tampil sebagai pemain utama, dengan 74 persen lebih banyak menit bermainnya.

Tak hanya tangguh, ia juga aktif dalam membangun serangan, dengan bukti 6 persen partisipasinya dalam mencetak gol untuk RB Leipzig musim ini dilansir dari Transfermarkt.

3. Matang

Meski masih berusia 22 tahun, namun permainan Dayot Upamecano di lapangan sudah cukup matang. Hal itu bisa dilihat dari ia mengontrol emosi dan juga dalam membaca pergerakan lawan untuk dihentikan.

Musim ini saja, Dayot telah tampil sebanyak 17 laga di semua kompetisi tanpa koleksi karut merah, hanya mendapat 3 kartu kuning. Itu artinya, permainan Dayot cukup matang dengan emosi jiwa muda yang dapat dikontrol.