Bola Internasional

Indonesia-Malaysia Melawan, Kuasa Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia Tertahan?

Selasa, 26 Januari 2021 05:45 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© foxsportsasia.com
Hasrat Timnas Vietnam yang ingin cepat-cepat lolos kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia kemungkinan besar tertahan gara-gara perlawanan para musuh, Indonesia-Malaysia. Copyright: © foxsportsasia.com
Hasrat Timnas Vietnam yang ingin cepat-cepat lolos kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia kemungkinan besar tertahan gara-gara perlawanan para musuh, Indonesia-Malaysia.

INDOSPORT.COM - Merajai kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sejatinya membuat Timnas Vietnam arahan Park Hang-seo gembira. Akan tetapi impian mereka lolos malah tertahan gara-gara perlawanan Indonesia yang menggandeng Malaysia.

Berada di grup G, The Golden Stars berhasil menjadi raja klasemen dengan rekor tak terkalahkan di lima laga lewat tiga kali menang dan dua kali seri. Nguyen Cong Phuong beserta koleganya mampu kalahkan perlawanan negara-negara saingan.

Skuat besutan Park Hang seo ini mengalahkan Malaysia arahan Tan Cheng Hoe yang mengekor pada posisi dua klasemen grup G, Thailand penghuni peringkat tiga, dan Uni Emirat Arab (UEA) di nomor empat. Mereka bahkan juga pecundangi Indonesia.

Ya, tim Merah-Putih sebelumnya sampai babak belur hingga harus memecat pelatih Simon McMenemy dan menggantinya dengan Shin Tae-yong. Impian Timnas Vietnam untuk melaju ke ronde tiga kualifikasi Piala Dunia sendiri bisa terjadi pada bulan Maret.

Maklum, gara-gara pandemi Corona, kompetisi terpaksa dijadwal ulang dan kabarnya akan bergulir lagi tahun ini pada bulan ketiga. Akan tetapi, rupanya rencana ini mendapat perlawanan dari para 'musuh' Park Hang-seo.

Mengutip laman Danviet, PSSI-nya Malaysia (FAM) menggandeng Indonesia, Thailand, dan UEA untuk bekerjasama agar jadwal kembali diundur hingga bulan Juni. Alasannya? Sederhana, mereka semua masih berjibaku dengan kasus Corona yang sulit dikontrol.

Stuart Ramalingam selaku ketua FAM menghubungi PSSI-nya Vietnam, VFF agar sama-sama menerima proposal mereka. Namun menurut media serupa, skema ini tentu akan sangat merugikan cukup banyak waktu persiapan mengingat masih sisa tiga laga lagi.

Sebagaimana diketahui, upaya pelatihan Park Hang-seo yang juga berjulukan Paman Ho kepada para anak asuhnya hanya sebatas laga internal saja. Impian mencoba pemusatan latihan di luar negeri urung terjadi karena wabah Covid-19.

Alhasil, upaya yang digagas Malaysia menggandeng Indonesia ini pun seolah-olah membuat Timnas Vietnam turun performa dengan jadwal kualifikasi Piala Dunia yang masih lama. Efek ini pula, Park Hang-seo kembali jalankan latihan dengan lingkup terbatas.

IDS Emoticon Suka
Suka
7%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
3%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
7%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%