Liga Indonesia

Rudy Eka Ingin Boyong Timnas Indonesia Putri TC di Markas PSG

Minggu, 24 Januari 2021 16:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Skuat Timnas Putri Indonesia di ajang Piala AFF Wanita 2019 lalu. Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Putri Indonesia di ajang Piala AFF Wanita 2019 lalu.

INDOSPORT.COM - CEO Safin Pati Football Academy (SPFA), Rudy Eka Priyambada, baru saja dipilih oleh PSSI untuk menjadi pelatih timnas Indonesia putri. Dia lantas segera mempersiapkan sejumlah program untuk skuat Garuda Pertiwi.

“Saya bersyukur diberi kepercayaan ini. Program kerja pertama ada beberapa tahap. Dimulai dengan perekrutan staf, pemain, hingga uji coba dan pemusatan latihan (TC) jangka panjang,” kata Rudy Eka Priyambada.

Mengenai ketertarikannya untuk menangani timnas Indonesia putri, mantan pelatih PS Tira di Liga 1 2017 itu mengatakan bermula dari informasi lowongan posisi pelatih timnas Indonesia putri. 

Dengan lisensi AFC Pro dan punya pengalaman menangani tim senior, Rudy Eka akhirnya memutuskan untuk mencoba melamar. Meski memiliki pengalaman, Rudy Eka pun harus melalui serangkaian tes.

“Saya dites oleh PSSI di mana ada coach Danurwindo, coach Indra Sjafri dan beberapa pelatih berpengalaman lainnya,” ucap mantan pelatih klub Al Najma di Liga Bahrain itu.

Dia menambahkan, passion-nya di sepak bola menjadikannya begitu termotivasi mengikuti seleksi untuk menjadi pelatih timnas wanita. Terlebih dia juga sempat menjadi juru taktik di klub sepak bola wanita di Australia. 

“Bagi saya, membela bangsa adalah wajib hukumnya. Dan ini juga impian semua pelatih. Saya pribadi juga tertantang untuk menciptakan sejarah bersama tim sepak bola wanita,” tegas dia.

Mengenai kemungkinan pelaksanaan TC timnas Indonesia putri di Pati, pelatih kelahiran Jakarta, 5 Desember 1982 ini punya jawaban tersendiri. 

“Saya akan menawarkan pada PSSI. Kami (Safin Pati Football Academy) sudah memiliki lima lapangan yang representatif. Tiga lapangan rumput alam, satu lapangan sintetis juga satu lapangan pasir pantai,” tambahnya. 

Dia juga menuturkan, infrastruktur di Pati ini tentunya cukup representatif. Tidak hanya itu, lanjutnya, pihaknya memiliki hotel berbintang untuk tempat menginap Timnas Putri. 

Kabupaten Pati disebutnya adalah kawasan berkembang yang kondusif untuk pembentukan tim. Terlebih Safin Pati Football Academy menjadi markas tim Putra Safin Grup (PSG) yang bermain di Liga 2.

Sepanjang 2021, timnas Wanita senior memiliki sejumlah agenda di level internasional. Jika tak berubah, ada kualifikasi AFC Womens Asian Cup 2021 (13-25 September) serta ajang SEA Games 2021 (15 November-1 Desember).