Liga Inggris

3 Wonderkid Liverpool yang Layu Sebelum Berkembang

Rabu, 27 Januari 2021 21:51 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Liverpool adalah salah satu klub terbesar di Inggris dan dunia dengan segudang prestasi. Tak hanya itu, sejak dilatih Jurgen Klopp, The Reds kini dikenal sebagai tim yang gemar memainkan pemain didikan klub.

Berbeda dari manajer-manajer sebelumnya yang kerap membeli pemain bintang, ketimbang memberikan kesempatan tampil untuk para pemain muda binaan mereka.

Hal tersebut bisa dilihat dalam beberapa tahun belakangan, dimana akademi Liverpool mulai banyak menghasilkan pemain-pemain muda berbakat yang akhirnya dipoles menjadi bintang seperti Trent Alexander Arnold, Rhys Williams, Jordan Henderson hingga Neco Williams.

Jika menilik lebih ke belakang lagi, ada banyak pemain didikan akademi Liverpool yang mampu menjadi tulang punggung The Reds selama bertahun-tahun sebelum era Jurgen Klopp.

Contohnya adalah Steven Gerrard, Michael Owen, Jamie Carragher, Robbie Fowler, Raheem Sterling hingga Steve McManaman.

Namun ada beberapa nama pemain yang pernah ingin diorbitkan oleh Liverpool, namun gagal bersinar. Berikut ini tiga mantan pemain muda Liverpool yang layu sebelum berkembang.

1. Jon Flanagan

Jhon Flanagan sekarang bermain untuk Glasgow Rangers di Liga Utama Skotlandia di bawah kepemimpinan mantan kapten Liverpool Steven Gerrard.

Pemain berusia 27 tahun itu sangat dihormati selama masanya di Liverpool dan juga bisa menembus tim utama pada usia yang sangat muda.

Flanagan bisa bermain di kedua sisi pertahanan. Pemain Inggris itu memainkan peran kunci untuk The Reds pada musim 2013-14 di mana mereka hampir memenangkan gelar Premier League.

Mantan kapten Brasil yang memenangkan Piala Dunia Cafu pernah memuji Flanagan sebagai penggantinya. Namun, ia gagal mencapai level yang diharapkan.

2. Jordan Rossiter

Rossiter pernah menjadi salah satu pemain muda yang sangat berbakat di akademi Liverpool. Mantan pemain The Reds seperti Robbie Fowler dan Steve McManaman juga menyatakannya sebagai 'Next Steven Gerrard'.

Tapi, gelandang serba bisa dan dinamis itu hanya bisa membuat lima penampilan tim utama untuk Liverpool sebelum dilepas ke Rangers. Rossiter sekarang tengah dipinjamkan ke Fleetwood Town yang bermain di divisi ketiga sepak bola Inggris.

3. Jordon Ibe

Umur Ibe satu tahun lebih muda dari mantan bintang Liverpool Raheem Sterling. Namun, berbeda dengan Sterling yang kini menjadi pemain bintang, Jordon Ibe akhirnya gagal bersinar di Anfield karena persaingan yang ketat di tim utama.

Pemain sayap itu akhirnya diboyong Bournemouth pada tahun 2016 dengan biaya memecahkan rekor klub sebesar 15 juta pounds. Namun, penampilannya sangat mengecewakan di Stadion Vitality selama bertahun-tahun.

Pemain berusia 24 tahun itu hanya berhasil bermain selama 227 menit di tim utama The Cherries musim ini dan sepertinya akan meninggalkan klub pada musim panas saat kontraknya habis.