Liga Indonesia

PSSI dan FAM Sepakat Kualifikasi Piala Dunia Digelar Juni 2021

Rabu, 27 Januari 2021 17:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia Senior saat melawan Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia Senior saat melawan Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19).

INDOSPORT.COM - Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) terkait usulan untuk menunda sisa laga kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022. PSSI tak keberatan jika jadwal digeser ke Juni mendatang dari awalnya Maret 2021.

Yunus menyatakan PSSI tak keberatan apabila negara peserta lain menyetujui usulan tersebut. Hal itu mengacu pada masih tingginya penyebaran virus Corona.

"Kami memang berkomunikasi dengan Sekjen FAM. Mereka mohon dukungan supaya kualifikasi dialihkan ke Juni 2021 karena pandemi Covid-19," kata Yunus Nusi.

"Bila negara-negara peserta lain menyepakati demikian maka PSSI menyetujui dan menghargainya," imbuhnya.

Akan tetapi, PSSI menegaskan jadwal tersebut baru sebatas kesepakatan antar federasi peserta Grup G. Semua negara harus menunggu persetujuan FIFA dan AFC untuk memastikan jadwal tersebut.

"Secara resmi harus ada keputusan FIFA dan AFC. Kami masih menunggu soal ini karena hampir semua negara peserta setuju jika kualifikasi ditunda ke bulan Juni 2021," tutur Yunus.

Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan yakni melawan Thailand (tandang), Uni Emirat Arab (kandang) dan Vietnam (tandang). Meski dipastikan tidak bisa melanjutkan langkah ke babak berikutnya, sisa pertandingan tersebut sangat penting sebagai kualifikasi untuk ke Piala Asia 2023.