Liga Indonesia

Komisi X DPR Dukung Liga 1 Digelar Secepatnya, PSSI Bersemangat

Sabtu, 30 Januari 2021 13:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Launching Shopee Liga 1 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Launching Shopee Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, memberikan lampu hijau kepada PSSI supaya kembali menggulirkan kompetisi. Bahkan, pihaknya akan membahas peraturan khusus untuk membantu kelancaran kompetisi.

Menurut Syaiful Huda, belum adanya izin yang dikeluarkan kepolisian untuk gelaran Liga 1 dan Liga 2 berkaitan dengan suporter. Oleh sebab itu, Komisi X sedang mengkaji payung hukum agar memudahkan ke depannya.

"Kami dari Komisi X DPR mendukung penuh adanya kompetisi yang bisa bergulir kembali. Payung hukum mengenai suporter akan dimatangkan. Untuk bisa dikaji, saya meminta dukungan dari semuanya serta agar bisa terlaksana," tuturnya.

"Jalannya kompetisi sangat berhubungan dengan suporter dan itu menjadi perhatian dari polisi untuk mendapatkan izin. Kami dari Komisi X DPR RI, merasa bahwa eksistensi suporter sangat penting dan dihargai, maka dari itu, kami sedang membuat undang-undangnya," imbuh Syaiful Huda.

Mendapat dukungan tersebut, PSSI pun menyatakan sudah siap menggelar kompetisi dengan protokol kesehatan yang ketat dan tanpa penonton. Kelanjutan kompetisi merupakan salah satu jalan untuk pembinaan sepak bola Tanah Air yang muaranya ke timnas Indonesia.

"Saya berterima kasih kepada Komisi X DPR RI yang terus memberikan perhatian dan apresiasinya kepada sepak bola Indonesia, terutama mengenai kompetisi yang akan bergulir dan harus dilaksanakan kembali," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Seperti yang kita tahu, bahwa pihak kepolisian belum memberikan izin kepada kami untuk menggulirkan kompetisi. Berbagai daya dan usaha sudah PSSI lakukan agar izin tersebut bisa dikeluarkan, mulai dari merancang protokol kesehatan, skema kompetisi, dll," pungkasnya.