Liga Indonesia

Stadion Gelora 10 November Sudah Bisa Digunakan, Persebaya Kegirangan

Sabtu, 30 Januari 2021 16:35 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Tribun Stadion Gelora 10 November sudah dicat, Stadion legendaris ini kerap jadi lokasi untuk pertandingan eksibisi, seleksi PON Jatim dan agenda Pemkot Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Tribun Stadion Gelora 10 November sudah dicat, Stadion legendaris ini kerap jadi lokasi untuk pertandingan eksibisi, seleksi PON Jatim dan agenda Pemkot Surabaya.

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya menyambut baik pembukaan Stadion 10 November untuk latihan. Sekretaris klub, Ram Surahman, mengatakan sudah sangat menantikan kabar gembira ini.

Kabar bisa kembalinya Persebaya untuk berlatih di Stadion Gelora 10 November (G10N) sudah dinantikan sejak lama, yakni sejak 2017 begitu Persebaya kembali terjun di kompetisi resmi PSSI.

"Kami sampaikan terima kasih atas kabar baik yang diberikan oleh Pak Whisnu,” kata Ram Surahman pada Jumat (29/1/21).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Cak Ram itu berharap bisa lebih dari sekedar sewa. Persebaya ingin sewa kelola Stadion GBT dan G10N yang pengajuannya sudah dilayangkan secara tertulis lewat sura pada Selasa (19/1/21).

“Sebelum ini, kami memang berkirim surat ke Pemkot Surabaya. Mengajukan untuk bisa sewa kelola GBT dan Tambaksari selama 10 tahun," jelasnya.

Hal ini dilakukan Persebaya untuk memuluskan hasrat mengantongi lisensi klub profesional dari AFC. Bajul Ijo dinyatakan tidak lolos tahun lalu, sehingga jatah tampil di Piala AFC sebagai runner-up Liga 1 2019 harus melayang.

Salah satu kendala yang dihadapi Persebaya sehingga tak lolos antara lain infrastuktur lantaran kesulitan menemukan homebase dan training ground. Dengan diproyeksikannya GBT dan G10N diharapkan bisa menutup problem tersebut.

“Karena itu, kami mengajukan sewa kelola. Seperti halnya  klub-klub Liga 1 lainnya. Seperti Bali United, PSIS, Madura United, dan PSIS Semarang. Tentu akan lebih leluasa,” cetus Ram Surahman.

"Kami masih menunggu surat tertulis dari Pemkot Surabaya atas izin pemakaian tersebut. Biar biasa jadi pegangan kalau nanti kami ingin berlatih di sana. Ada surat tertulis yang benar-benar mengizinkan,” tegasnya.

Sementara itu, kabar Persebaya bisa menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November (G10N) disampaikan oleh Plt Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana, dalam Rakor permasalahan aset tanah dan bangunan karanggayam untuk Wisma Karanggayam.

"Stadion GBT dan Gelora 10 November bisa digunakan Persebaya Surabaya. Asalkan membayar sewa. Untuk tarif sewanya, saat ini sedang digodok oleh teman-teman DPRD," ujar Whisnu Sakti Buana.