Liga Inggris

Hasil Pertandingan Liga Inggris Brighton vs Tottenham Hotspur: Tak Bisa Apa-apa Tanpa Kane

Senin, 1 Februari 2021 04:11 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan Liga Inggris antara Brighton vs Tottenham Hotspur. Tampil tanpa Harry Kane, Tottenham dipermalukan Brighton dengan kekalahan tipis 0-1.

Tottenham Hotspur bertandang ke markas Brighton di pekan ke-21 Liga Inggris. The Lilywhites bertekad kembali meraih kemenangan usai dikalahkan Liverpool 1-3 beberapa hari yang lalu.

Tampil tanpa Harry Kane yang cedera engkel, Jose Mouriho menurunkan Son Heung-min sebagai ujung tombak, didukung Gareth Bale dan Steven Bergwijn dari lini kedua. Sementara itu, tuan rumah mengandalkan duel Neal Maupay dan Leandro Trossard.

Babak pertama baru berjalan 4 menit, Tottenham Hotspur sudah nyaris kebobolan lewat tembakan kencang Pascal Gross. Beruntung bagi Spurs, bola sepakan Gross masih membentur tiang gawang.

The Lilywhites kemudian beralih menguasai permainan, meski masih kesulitan menembus pertahanan Brighton.

Gol! Menit ke-17, Brighton berhasil membuka keunggulan setelah Leandro Trossard sukses membobol gawang Hugo Lloris usai menerima assist matang dari Gross.

Unggul 1 gol membuat tuan rumah semakin percaya diri. Mereka pun sempat mendapat peluang lagi melalui Alexis Mac Allister dan Neal Maupay tapi masih gagal menggandakan keunggulan.

Di sisi lain, ketiadaan Harry Kane tampak menyulitkan anak asuh Jose Mourinho dalam membangun serangan. Upaya-upaya Son dkk selalu kandas sebelum mencapai kotak penalti Brighton.

Menit ke-38, Tottenham nyaris saja kebobolan untuk kedua kalinya lewat sundulan Lewis Dunk memanfaatkan sepak pojok. Beruntung bagi The Lilywhites, bola masih melebar di sisi gawang.

Tuan rumah terus tampil mendominasi, tapi hingga babak pertama berakhir tak ada tambahan gol. Brighton masih unggul 1-0.

Di babak kedua, Brighton masih terus menguasai permainan. Menit ke-56, Adam Webster melepaskan tendangan voli dalam kotak penalti. Beruntung bagi The Lilywhites, Lloris melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkannya.

Tiga menit kemudian, Mourinho memasukkan Lucas Moura untuk menggantikan Gareth Bale yang gagal menunjukkan performa yang bagus.

Namun, tuan rumah terus tampil agresif untuk memperlebar keunggulan. Menit ke-64, Alexis Mac Allister mendapat peluang emas dari dalam kotak penalti, tapi sepakannya masih bisa diadang pemain belakang Spurs. 

Dua menit kemudian, Mac Allister kembali membuang peluang setelah tembakannya dari luar kotak penalti lagi-lagi membentur bek The Lilywhites.

Menit ke-75, Tottenham nyaris saja menyamakan kedudukan andai tembakan Carlos Vinicius dari dalam kotak penalti tidak mengarah persis ke pelukan Robert Sanchez.

Lima menit jelang waktu normal berakhir, Brighton nyaris menggandakan keunggulan lewat serangan balik cepat. Beruntung bagi Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan tembakan Aaron Connoly.

Hingga wasit meniup peluit panjang tak ada tambahan gol yang tercipta. Pertandingan  berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Brighton atas Tottenham Hotspur.

Dengan hasil ini, Tottenham tertahan di peringkat 6 klasemen Liga Inggris dengan 33 poin dari 20 pertandingan. Sementara itu, Brighton di peringkat 17 dengan 21 poin, unggul 7 poin dari Fulham yang ada di batas atas zona degradasi.

Susunan pemain:

Brighton (3-5-2): Sanchez; White, Dunk, Webster; Veltman, Gross, Bissouma, Mac Allister, March; Maupay, Trossard.

Tottenham (3-4-2-1): Lloris, Rodon, Alderweireld, Sanchez; Sissoko, Hojbjerg, Ndombele, Davies; Bale, Bergwijn; Son.