Liga Inggris

Hasil Pertandingan Liga Inggris West Ham vs Liverpool: Tak Ada Mane, Salah Bersinar

Senin, 1 Februari 2021 01:26 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan Liga Inggris antara West Ham vs Liverpool. Mohamed Salah tampil gemilang membawa The Reds menang dan masuk 3 besar.

Juara bertahan Liverpool menjalani pekan ke-21 Liga Inggris dengan bertandang ke markas West Ham, Minggu (31/01/21) pukul 23.30 WIB. Laga ini penting bagi kedua tim yang memiliki misi masing-masing.

Bagi West Ham, kemenangan akan membawa mereka ke peringkat 4 klasemen menggusur Liverpool. Sementara itu bagi The Reds sendiri, kemenangan akan mengangkat mereka ke posisi 3 menggantikan Leicester City.

Di kubu The Hammers, manajer David Moyes menurunkan tim terkuatnya. Sementara itu, di Liverpool, Sadio Mane absen karena cedera sedangkan Roberto Firmino diparkir di bench sehingga lini depan diisi trio Mohamed Salah, Xherdan Shaqiri, dan Divock Origi dengan Jordan Henderson menjadi bek tengah.

Saat babak pertama dimulai, Liverpool membuka peluang lebih dulu lewat Divock Origi di menit ke-6. Sayangnya, tembakan pemain Belgia itu masih melenceng dari sasaran.

Tak lama kemudian, The Reds kembali mendapat peluang lewat Thiago Alcantara meski tembakan bintang Spanyol itu melambung tinggi di atas gawang Lukasz Fabianski.

Liverpool terus tampil dominan dengan penguasaan bola hingga 70%, tapi absennya Mane dan Firmino menyulitkan mereka menembus kotak penalti West Ham.

Di sisi lain, serangan balik cepat yang beberapa kali dilepaskan The Hammers bisa digagalkan duet bek tengah The Reds.

Xherdan Shaqiri sempat mendapat peluang dengan melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalto. Namun, aksinya digagalkan bek Craig Dawson yang memblok tembakan tersebut dengan menjatuhkan diri.

Jelang babak pertama berakhir, Liverpool kembali membuang peluang setelah tembakan Mohamed Salah dari luar kotak penalti tepat mengarah ke pelukan Fabianski. Skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Mengawali babak kedua, dalam waktu 5 menit Liverpool mendapatkan 2 peluang lewat Salah dan Origi. Sayangnya, sontekan salah masih bisa digagalkan Aaron Cresswell sedangkan sepakan Origi dari sudut sempit masih melenceng di sisi kiri gawang.

Menit ke-56, giliran West Ham yang membuang peluang setelah tembakannya dari luar kotak penalti masih melebar di sisi gawang.

Dua menit kemudian, Liverpool akhirnya sukses mencetak gol yang ditunggu-tunggu. Tusukan Mohamed Salah di sisi kiri pertahanan West Ham diakhiri tembakan lengkung yang tak bisa dijangkau Fabianski. Skor 1-0 untuk The Reds.

Tepat 10 menit kemudian, Mohamed Salah membawa The Reds menggandakan keunggulan. Menerima umpan panjang Shaqiri, Salah menalukkan Fabianski lewat sontekan dari jarak dekat. 

Menit ke-84, giliran Georginio Wijnaldum yang membobol gawang West Ham berkat assist Roberto Firmino yang baru masuk di babak kedua.

Tiga menit kemudian, Craig Dawson membawa The Hammers memperkecil kedudukan menjadi 1-3 lewat sundulannya memanfaatkans sepak pojok Aaron Cresswell.

Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada tambahan gol yang tercipta sehingga pertandingan berakhir dengan kemenangan 3-1 Liverpool atas West Ham. Hasil ini membawa The Reds naik ke peringkat 3 menggusur Leicester City.

Susunan pemain:

West Ham (4-2-3-1): Fabianski; Coufal, Dawson, Ogbonna, Cresswell; Soucek, Rice; Bowen, Benrahma, Fornals; Antonio.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Henderson, Phillips, Robertson; Wijnaldum, Thiago, Milner; Salah, Origi, Shaqiri.