Liga Inggris

Super Aneh! Thomas Tuchel Kenalkan 'Magic' Si Bola Mini ke Skuat Chelsea

Selasa, 2 Februari 2021 13:39 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pelatih anyar Chelsea, Thomas Tuchel, diketahui memperkenalkan gaya latihannya yang sangat aneh kepada para pemainnya. Dia meminta skuatnya latihan dengan bola mini.

Tuchel ditunjuk menjadi pelatih Chelsea pada Rabu (27/01/21) WIB atau tepat dua hari setelah Frank Lampard dilengserkan dari jabatannya sebagai pelatih.

Mantan pelatih Paris Saint-Germain itu pun langsung memulai sesi latihan perdananya bersama skuat The Blues di Stamford Bridge, sebelum tim bermain imbang 0-0 melawan Wolves di hari Kamis dini hari.

Dengan hasil yang menurut Tuchel kurang memuaskan ini, pelatih berkebangsaan Spanyol itu akhirnya mulai bereksperimen dengan sesi latihan yang lain dari biasanya.

Menurut The Sun, para pemain Chelsea menjalani latihan menendang dan mengejar bola. Namun bola yang dipakai untuk latihan itu berukuran mini.

Tuchel rupanya memiliki alasan sendiri.  Alasan dia meminta para pemainnya memakai bola mini ini karena dia ingin mencoba dan meningkatkan kontrol dan akurasi setiap pemain.

© thesun.co.uk/getty Images
Para pemain Chelsea berlatih dengan bola kecil di bawah arahan Thomas Tuchel. Copyright: thesun.co.uk/getty ImagesPara pemain Chelsea berlatih dengan bola kecil di bawah arahan Thomas Tuchel.

Bola berukuran biasa hanya dipakai para pemain The Blues untuk memasukkan bola ke gawang-gawang yang kecil yang diibaratkan sebagai penyelesaian yang sulit.

Para penjaga gawang Chelsea pun juga berlatih dengan cara yang aneh. Misalnya, Petr Cech diminta menabrak dua kiper lainnya, Edouard Mendy dan Kepa Arrizabalaga dengan perisai rugby saat mereka melompat ke udara untuk menangkap bola.

Latihan ini dimaksudkan agar para penjaga gawang meningkatkan fisik mereka dan menangani rintangan, terutama saat menghadapi bola mati dari area penalti yang dipenuhi banyak pemain.

Latihan super aneh ini pun mendapatkan hasilnya ketika Chelsea akhirnya bisa memetik kemenangan saat menjamu Burnley dengan skor telak 2-0 pad Minggu (31/01/21).

Ini adalah kemenangan pertama Chelsea-nya Thomas Tuchel setelah sebelumnya berimbang 0-0 kontra Wolverhampton Wanderers. Meski bukan sapu bersih di dua pertandingan pertamanya, tapi sepasang clean sheet itu sudah menjadi catatan tersendiri buat Tuchel.

Ia adalah manajer pertama Chelsea sejak Rafael Benitez pada November 2012, yang mengukir clean sheet di dua pertandingan pertama. Satu hal lain yang menjanjikan adalah bagaimana The Blues begitu dominan atas Burnley.

Dengan kemenangan ini, Chelsea sementara terangkat ke posisi tujuh dengan 33 poin dari 21 laga. Posisi mereka masih bisa digeser oleh Everton (33) dan Aston Villa (32) yang baru memainkan 19 pertandingan.