Liga Indonesia

Ini Tujuan Eks Striker Persib Imral 'Korea' Usman Dirikan SSB di Cimahi

Kamis, 4 Februari 2021 15:44 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz (kiri), eks pemain Persib Imral 'Korea' Usman (pakai topi) dan Wildansyah (kedua dari kanan) berfoto bersama saat coaching clinic di SSB Honest. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz (kiri), eks pemain Persib Imral 'Korea' Usman (pakai topi) dan Wildansyah (kedua dari kanan) berfoto bersama saat coaching clinic di SSB Honest.

INDOSPORT.COM - Mantan striker Persib Bandung, Imral Usman, mendirikan sekolah sepak bola (SSB) Honest di Lapangan Bintang Sport Mini Soccer, Jalan Kebon Kopi, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Imral Korea sapaan akrabnya menuturkan, keinginannya untuk mendirikan SSB berawal dari pengalamannya melatih beberapa klub salah satunya di Bogor. Menurutnya, banyak anak-anak yang memiliki potensi menjadi pesepakbola. 

Sehingga, mantan pemain PSIS Semarang ini ingin mewadahi anak-anak yang memiliki potensi di daerah tempat tinggalnya umumnya wilayah Bandung Raya.   

Sebelumnya, Imral sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendirikan SSB tersebut. Karena, ia ingin SSB Honest yang didirikannya sejak tiga pekan lalu bisa berjalan maksimal dan seusai dengan tujuannya, yakni membina dan menciptakan pesepakbola berkualitas di masa yang akan datang. 

"Tujuannya biar ada jenjang buat anak-anak kedepannya, jenjang lebih bagus kita juga bikin SSB juga gak asal-asalan, dan anak-anak ini punya tujuan untuk menjadi pemain terbaik kedepannya, keinginan saya seperti itu," kata Imral Korea, Rabu (03/02/21).

"Jadi fokus dipembinaan. Karena saya juga sudah melanglang buana juga ya, kemarin di Bogor tiga tahun di Bogor, saya lihat potensi anak Bogor bagus, kenapa sih di daerah sendiri di sini di Cijerah di Bandung dan Cimahi gak ada, jadi saya itu pengen bikin seperti itu," jelasnya.

Imral sendiri sebenarnya berasal dari Padang, namun kecintaannya terhadap Bandung membuatnya untuk menetap di Kota Kembang dan membina pemain muda di tempat tinggalnya saat ini.

"Karena hati saya sudah orang Bandung, saya lihat di sini ada Henhen (bek Persib) anak Cijerah, yang lainnya mungkin belum ada, saya inginnya anak-anak darah sini khusus ada Henhen yang lainnya bukan hanya ke Persib tapi klub lainnya dan juga Timnas. Tujuannya bukan hanya ke satu klub saja, karena banyak klub di Indonesia," ungkapnya.

Meski kurang dari sebulan berdiri, namun menurut Imral, sudah ada sekitar 80 orang siswa di SSB Honest yang terbagi dalam beberapa kelompok usia mulai dari 6 hingga 16 tahun.

"Latihan untuk saat ini kita manfaatkan di Lapangan Bintang Soccer, sekretariat juga ada di sini dan kalu anak-anak sudah banyak, tempat latihan juga mungkin akan nambah di lapangan lain, tapi tetap Sabtu di sini latihan," ujarnya.

Selain Imral, ada nama mantan pemain Persib lainnya yang juga sempat berkostum Timnas Indonesia, yakni Sonny Kurniawan, ia menjadi salah satu pelatih di SSB Honest. 

Diharapkan, kehadiran Sonny menurut Imral bisa menjadi motivasi bagi anak-anak dalam menimba ilmu. Pasalnya, selain sempat bersama-sama menangani tim Kabomania Sonny Kurniawan memiliki banyak pengalaman di sepak bola Indonesia.