Bursa Transfer

Sudah Hengkang ke Fenerbahce , Mesut Ozil Tetap Bikin Arsenal Klub 'Pesakikan'

Jumat, 5 Februari 2021 12:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© twitter.com/Fenerbahce
Mesut Ozil saat Berlatih Bersama Fenerbahce Copyright: © twitter.com/Fenerbahce
Mesut Ozil saat Berlatih Bersama Fenerbahce

INDOSPORT.COM – Mesut Ozil tetap membuat mantan klubnya, Arsenal, sebagai klub pesakitan meskipun dirinya sudah bahagia bersama Fenerbahce.

Menurut The Sun, Arsenal telah merasakan untung dan rugi yang cukup  signifikan hanya dengan melakukan delapan transfer  dalam sepuluh tahun terakhir.

Di antara sejumlah transfer tersebut, empat pemain menghasilkan keuntungan hingga total 46 juta pounds atau setara Rp883 miliar. Keempat pemain tersebut yakni Aex Oxlade-Chamberlain, Emi Martinez, Krystian Bielik, dan Olivier Giroud.

Sementara, empat pemain sisanya justru memberikan Arsenal kerugian dua kali lipat dari keuntungan yang didapat hingga total 127,8 juta pounds.

Menariknya, kerugian terbesar yang didapat Arsenal adalah saat mereka mengakhiri kontrak dengan gelandang asal Jerman, Mesut Ozil pada bursa transfer Januari 2021.

Diketahui, Ozil yang sepakat berpisah dengan The Gunners pada akhirnya bisa bergabung dengan klub masa kecilnya asal Turki, Fenerbahce, secara gratis.

Itu artinya, Arsenal tidak mendapatkan sepeser pun dari  pemutusan kontrak Ozil saat itu, meskipun tim asal London Utara membayar Ozil dari Real Madrid hingga 42,3 juta pounds atau Rp814 miliar.

Selain Ozil, kerugian juga dialami Arsenal ketika mereka melepas Shkodran Mustafi ke Schalke 04. Melepas secara gratis, Arsenal merugi karena mereka membeli Mustafi seharga 36,9 juta pounds dari Valencia.

Data ini menunjukkan bahwa Arsenal tetap dihantui oleh Mesut Ozil meskipun kedua belah pihak sudah mengakhiri kerja sama.

Ozil sendiri saat ini mulai memperlihatkan geliatnya untuk membangun kariernya di Fenerbahce. Debutnya yang dijalani saat menghadapi Hatayspor, Selasa (02/02/21), membantu Fenerahce kokoh di puncak  klasemen Liga Turki.

Pencapaiannya ini seperti menghapus luka lama ketika dirinya masih berseragam Arsenal. Ozil terakhir kali bermain untuk Arsenal Maret lalu dan dia dikeluarkan dari skuad Liga Inggris musim ini oleh Mikel Arteta. 

IDS Emoticon Suka
Suka
7%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
14%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
29%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
14%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
7%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%