In-depth

5 Hal yang Wajib Dilakukan Jurgen Klopp untuk Bawa Liverpool Kalahkan Manchester City

Sabtu, 6 Februari 2021 18:28 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Shaun Botterill/Getty Images
Berikut 5 hal yang wajib dilakukan Jurgen Klopp untuk bawa Liverpool kalahkan Manchester City di lanjutan Liga Inggris, Minggu (07/02/21) pukul 23.30 WIB. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Berikut 5 hal yang wajib dilakukan Jurgen Klopp untuk bawa Liverpool kalahkan Manchester City di lanjutan Liga Inggris, Minggu (07/02/21) pukul 23.30 WIB.

INDOSPORT.COM – Berikut 5 hal yang wajib dilakukan Jurgen Klopp untuk bawa Liverpool kalahkan Manchester City di lanjutan Liga Inggris, Minggu (07/02/21) pukul 23.30 WIB.

Akhir pekan ini, kompetisi Liga Inggris 2020/2021 memasuki gameweek ke-23. Minggu (07/02/21) pukul 23.30 akan terjadi laga seru Liverpool vs Manchester City, dua tim yang bergantian menjadi juara dalam 3 musim terakhir.

Sejauh ini, keduanya masih bertengger di 4 besar, dengan The Citizens berada di puncak klasemen dengan 47 poin dari 21 laga, sedangkan The Reds di posisi 4 dengan 40 poin dari 22 laga.

The Reds pun memburu kemenangan di laga ini, demi mempertahankan peluang untuk kembali meraih gelar juara Liga Inggris lagi musim ini.

Meski demikian, performa The Reds justru sedang naik turun dengan meraih 2 kemenangan dan 2 kekalahan di 5 laga terakhir Liga Inggris. Bermain di kandang pun tidak menjadi jaminan karena mereka gagal menang dalam 4 pertandingan terakhir di Anfield.

Di sisi lain, Manchester City dalam performa terbaik dengan meraih 13 kemenangan beruntun di semua kompetisi, 9 di antaranya di Liga Inggris.

Meski demikian, masih ada sejumlah hal yang bisa dilakukan Jurgen Klopp untuk menundukkan City dan mempertahankan peluang juara. Apa saja kelima hal itu? Berikut ini ulasannya:

1. Memasang Wajah Baru di Lini Belakang

Di hari terakhir bursa transfer, Liverpool mendatangkan 2 bek tengah baru, Ozan Kabak dan Ben Davies. Meski laga melawan Man City tidak ideal untuk dijadikan debut, menurunkan salah satu dari keduanya di laga ini akan jadi pilihan yang lebih baik ketimbang mengandalkan pemain muda seperti Nath Phillips.

Apalagi, Fabinho juga sudah pulih dari cedera dan bisa dipasangkan untuk mendampingi salah satu dari dua rekrutan anyar tersebut. Kematangan dan ketenangan bintang Brasil itu bisa membantu Kabak maupun Davies tampil lebih tenang.

2. Mengembalikan Jordan Henderson ke Lini Tengah

© Robin Jones/Getty Images
Kapten Liverpool, Jordan Henderson. Copyright: Robin Jones/Getty ImagesKapten Liverpool, Jordan Henderson.

Alasan lain memasang bek tengah baru adalah dengan begitu maka Jurgen Klopp bisa mengembalikan Jordan Henderson ke lini tengah. Di dua laga terakhir, sang kapten terpaksa menjadi bek tengah karena krisis yang semakin parah. Namun, ketiadaan Hendo menimbulkan lubang besar di pusat permainan.

Dengan kemampuan membaca permainan yang baik, serta kepiawaian memerankan gelandang nomor 6 maupun nomor 8, kehadiran Jordan Henderson di lini tengah sangat diperlukan saat menghadapi tim seperti Manchester City.

3. Mengatur Waktu Bermain Sadio Mane

Ketiadaan Sadio Mane sangat terasa saat Liverpool dibekap Brighton beberapa hari yang lalu, ketika strategi Klopp yang bertumpu pada Mohamed Salah mudah dibaca dan gagal memberikan hasil. Sudah kembali berlatih, Sadio Mane pun berpotensi tampil di laga melawan Manchester City.

Meski demikian, Klopp harus menentukan waktu yang tepat untuk menurunkan Sadio Mane mengingat sang bintang Senegal belum sepenuhnya fit. Mane bisa diturunkan sejak awal demi meneror lini belakang City, atau justru menurunkannya belakangan saat lawan kelelahan.

4. Memberi Kesempatan Kepada Curtis Jones

© Robbie Jay Barratt - AMA/ Getty Images
Curtis Jones, pemain sepakbola Liverpool. Copyright: Robbie Jay Barratt - AMA/ Getty ImagesCurtis Jones, pemain sepakbola Liverpool.

Curtis Jones hanya butuh satu menit di atas lapangan sebelum memberikan assist untuk gol pertama Mohamed Salah di laga melawan West Ham. Sayangnya, ia justru tak diberi kesempatan sama sekali saat The Reds menghadapi Brighton.

Dengan menurunnya performa Georginio Wijnaldum maupun James Milner belakangan ini, Curtis Jones layak diberi kesempatan mengisi satu tempat sebagai trio lini tengah. Statusnya sebagai pemain muda justru berpotensi memungkinkan dirinya lolos dari pengawasan lini pertahanan Manchester City.

5. Mengembalikan Alisson ke Bawah Mistar

Alisson secara mengejutkan absen di laga melawan Brighton karena masalah kesehatan ringan. Namun, ia diklaim sudah mulai merasa lebih baik. Meski Caoimhin Kelleher tampil gemilang saat melawan Brighton, Alisson tentu menjadi opsi yang lebih baik saat berhadapan dengan tim seperti The Citizens.

Seperti diketahui, meski tanpa Sergio Aguero dan Kevin de Bruyne, Manchester City tetap menghadirkan ancaman lewat Raheem Sterling dan Ilkay Gundogan. Ketenangan di bawah gawang dan distribusi umpan Allison bisa menjadi senjata The Reds untuk mencuri kemenangan.