In-depth

Old Trafford yang Masih Angker untuk Man United

Minggu, 7 Februari 2021 11:08 WIB
Editor: Juni Adi
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Bendera Manchester United di Old Trafford Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Bendera Manchester United di Old Trafford

INDOSPORT.COM Stadion Old Trafford seolah menjadi angler untuk Manchester United karena mengalami sederet hasil kurang memuaskan ketika bermain di sini.

Manchester United gagal meraih kemenangan kala menjamu Everton dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-23 di Stadion Old Trafford pada Minggu (07/02/21).

Bermain di markasnya sendiri, Manchester United sebenarnya tampil cukup baik. Bahkan mereka mampu unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Edinson Cavani dan Bruno Fernandes.

Dalam prosesnya, Cavani mencetak gol melalui sundulan pada menit ke-24, memanfaatkan umpan silang dari Marcus Rashford dari sisi sayap permainan Everton.

Everton nyaris mampu menyamakan kedudukan di menit ke-41 melalui Richarlison. Sayang, sepakan keras pemain asal Brasil itu masih bisa diamankan dengan baik oleh David De Gea.

Empat menit berselang, Man United sukses menggandakan keunggulan. Tembakan akurat Bruno Fernandes ke pojok kanan gawang tak mampu dibaca Robin Olsen.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Everton langsung tancap gas dan berhasil membuat kejutan dengan mencetak gol cepat pada menit ke-49.

Abdoulaye Doucoure menjadi aktornya, disusul gol James Rodriguez tiga menit kemudian. Skor berubah jadi 2-2.

Setan Merah kembali berbalik unggul pada menit ke-70 menjadi 3-2 setelah Scott McTominay mencetak gol. Sayang, keunggulan yang sudah didepan mata harus sirna.

Sebab, kerja keras pantang menyerah Everton membuahkan hasil dimana Dominic Calvert-Lewin mencetak gol injury time menit ke-90+5, dan mengubah skor jadi 3-3 hingga laga bubar.

Hasil ini membuat Manchester United gagal menempel ketat tetangganya Manchester City, dan malah melebarkan jarak persaingan dengan tambahan satu poin ini.

Saat ini, anak asuh Ole Gunnar Solskjaer berada di posisi ke-2 dengan 45 poin dari 23 laga. Sedangkan Man City nyaman di puncak dengan 47 poin.

Tim besutan Pep Guardiola itu unggul selisih gol dan juga mempunyai 2 tabungan pertandingan yang belum dimainkan. Sementara untuk Everton, hasil ini membuat mereka naik ke urutan ke-6 dengan 37 poin.

Old Trafford yang Angker Untuk Tuan Rumah

Stadion Old Trafford menjelma jadi tempat kuburan yang angker bagi pemiliknya sendiri Man United. Bagaimana tidak, sepanjang musim 2020/2021 ini mereka acap kali kehilangan poin penting saat bermain di kandang di Liga Inggris.

Total mereka telah memainkan 23 pertandingan dengan rincian 13 kali menang, enam kali imbang dan empat kali kalah dengan raihan 45 poin.

Dari enam laga yang berakhir imbang, tiga di antaranya terjadi saat bermain di Old Trafford melawan Everton, Manchester City dan Chelsea.

Sedangkan untuk empat kekalahannya, juga terjadi ketika Man United bermain di Old Trafford yakni takluk dari Crystal Palace (1-3), Tottenham Hotspur (1-6), Arsenal (0-1) dan Sheffield United (0-1).

Sementara itu untuk keseluruhan musim ini, The Red Devils sudah menjalani 12 partai kandang. Dari laga itu, mereka hanya bisa meraih lima kemenangan, tiga kali imbang dan menelan empat kekalahan di Old Trafford di semua ajang.

Merujuk catatan di atas maka, tidak berlebihan menyebut Stadion Old Trafford memang sudah tidak angker lagi bagi sang tuan rumah, namun ramah bagi para tamu.

Apakah perlu manajemen Man United mendatangkan Risa Saraswati atau Om Hao 'Kisah Tanah Jawa' pada bursa transfer musim panas nanti untuk mengembalikan keangkeran Stadion Old Trafford?