Bola Internasional

Susul Bagus Kahfi, Barito Buka Peluang David Maulana Main di Luar Negeri

Minggu, 7 Februari 2021 10:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Pipit Puspita Rini
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Bintang Timnas Indonesia U-19, David Maulana. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Bintang Timnas Indonesia U-19, David Maulana.

INDOSPORT.COM - Kontrak David Maulana bersama Barito Putera telah tuntas di akhir kompetisi Liga 1 2020. Memasuki musim 2021, kapten Timnas Indonesia U-19 itu pun membuka kemungkinan main di luar negeri.

David Maulana saat ini dalam status free transfer, sehingga menjadi buruan sejumlah klub Indonesia, salah satunya PSMS Medan. Namun, Barito Putera sudah melancarkan upaya untuk memperpanjang kontraknya.

Manajemen Barito Putera telah mendatangi kediaman David Maulana di Medan dan berdiskusi dengan orang tua perihal kontrak David untuk jangka panjang, meski ia tetap mendapatkan prioritas untuk main di Timnas.

"Waktu itu yang berangkat Pak Mundari dan Ainul yang telah melakukan pembicaraan. Mudah-mudahan (diterima), yang penting kita utamakan Timnas di atas segalanya," ujar CEO Barito Puter0 Hasnuryadi Sulaiman.

Di sisi lain, klub asal Kalimantan tersebut juga berupaya untuk mengangkat kualitas David, dan berencana untuk mendorongnya bermain di luar negeri, seperti yang disebut Manajer PS Barito Putera Mundari Karya.

"Untuk David Maulana sedang dalam proses (perpanjangan kontrak), tapi kemungkinan besar David akan bermain di luar negeri," ujar Mundari Karya saat dihubungi awak redaksi INDOSPORT.com, Sabtu (06/02/21).

Sebelumnya, David Maulana dan Bagus Kahfi yang notabene adalah pemain Barito Putera turut serta dalam program Garuda Select di Inggris. Laskar Antasari kemudian melepas Bagus yang kini bergabung ke FC Utrecht. 

Kemudian, rekan sebaya David Maulana dan Bagus Kahfi di Timnas U-19, Brylian Aldama, juga mengikat kontrak dengan agensi sepak bola Eropa dan dikabarkan akan bermain untuk tim Kroasia, HNK Rijeka.

Jika David Maulana benar-benar main di luar negeri, semakin banyak pemain muda Indonesia yang unjuk gigi di sepak bola level internasional, termasuk Egy Maulana dan Witan Sulaeman yang lebih dulu main di Eropa.