In-depth

Akankah Formasi 3 Bek Bakal Selamanya Dipakai Thomas Tuchel di Chelsea?

Senin, 8 Februari 2021 18:33 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Dalam empat laga yang telah dijalani selama dua pekan di Chelsea, Thomas Tuchel selalu menggunakan formasi tiga bek dengan skema 3-4-2-1. Akankah formasi ini menjadi formasi tetapnya dalam melatih The Blues?

Thomas Tuchel baru menjalani perannya sebagai pelatih Chelsea selama dua pekan. Ia datang sebagai suksesor Frank Lampard yang dipecat pada 25 Januari 2021 lalu.

Tugas berat pun menantinya sesaat resmi ditunjuk sebagai pelatih Chelsea pada tanggal 27 Januari 2021. Pasalnya, sehari kemudian ia harus menyiapkan anak asuhnya bertanding melawan Wolverhampton Wanderers.

Beruntung dalam laga itu ia dan Chelsea tak menerima kekalahan dan hanya meraih hasil imbang. Singkat kata di laga itu, Tuchel nampak sukses menerapkan taktiknya kendati baru memimpin sesi latihan selama satu hingga dua jam.

Setelah laga melawan Wolves, Tuchel menjalani tiga laga Liga Inggris lainnya. Tak disangka, di tiga laga ini ia mampu membawa Chelsea menang yakni atas Burnley (2-0), Tottenham Hotspur (1-0) dan Sheffield United (2-1).

Hasil ini membuat Tuchel mendapat pujian dari banyak pihak. Apalagi ia belum lama mengenal skuatnya dan karakter pemainnya lebih jauh.

Bahkan di empat laga ini, Tuchel memainkan formasi yang sama yakni 3-4-2-1. Formasi ini ia gunakan sebagai sesuai keinginannya serta komposisi pemain yang dimiliki Chelsea.

Penggunaan formasi tiga bek yang dilakukan Thomas Tuchel pun membuat banyak pihak bertanya-tanya. Apakah formasi itu akan tetap ia gunakan bersama Chelsea di laga-laga selanjutnya?