Liga Indonesia

Bertemu Menpora, Kepolisian Masih Godok Perihal Izin Kompetisi Berbagai Cabor

Senin, 8 Februari 2021 19:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Humas Kemepora
Kapolri mengatakan ada peluang untuk segera menyelenggarakan kegiatan olahraga, seperti di berbagai negara lain. Copyright: © Humas Kemepora
Kapolri mengatakan ada peluang untuk segera menyelenggarakan kegiatan olahraga, seperti di berbagai negara lain.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali hari ini bertemu Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada hari ini di Mabes Polri, Jakarta. Keduanya membahas mengenai izin dan skema menggelar kegiatan olahraga di tengah pandemi, termasuk nasib kompetisi Liga 1 dan 2.

Kapolri mengatakan ada peluang untuk segera menyelenggarakan kegiatan olahraga, seperti di berbagai negara lain. Tetapi hal itu harus dibahas dan dipersiapkan secara matang karena masih ada pandemi.

"Ada beberapa bahan yang didiskusikan dengan silaturahmi ini, utamanya bagaimana memikirkan terkait kegiatan yang bersifat kepemudaan dan juga kegiatan olahraga," tutur Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri menjelaskan, pihaknya belum bisa memberikan izin kompetisi ataupun kegiatan olahraga hingga saat ini karena pandemi masih berlangsung. Fokus utama kepolisian adalah membantu menerapkan berbagai aturan seperti PSBB dan lainnya untuk menekan laju pandemi.

Kendati demikian, Kapolri juga menyadari pentingnya kegiatan olahraga sehingga dalam beberapa waktu ke depan akan ada bahasan lanjutan soal hal tersebut. Kepolisian juga memberikan lampu hijau agar federasi atau induk berbagai cabang olahraga untuk segera mempersiapkan segala hal jika ingin menggelar kejuaraan. 

"Kami menyadiari kegiatan yang bersifat kepemudaan dan olahraga juga menjadi perhatian, karena memang di beberapa negara kegiatan tersebut sudah dilaksanakan. Oleh karena itu, tadi kami berdiskusi dan kemudian tentunya kami dari kepolisian membuka ruang untuk dibicarakan lebih lanjut," ujar Kapolri.

"Terkait hal-hal yang harus disiapkan baik bersifat administrasi maupun penegakan aturan terkait protokol kesehatan agar kegiatan yang berkaitan kepemudaan dan olahraga bisa terlaksana, perlu adanya kesepakatan yang tentunya bila itu dilanggar maka berdampak dari kegiatan itu. Ini yang akan kami bicarakan secara detail".

"Kegiatan kepemudaan dan olahraga bisa dilaksanakan namun memperhatikan disiplin protokol kesehatan agar bisa berjalan," pungkas Jenderal Listyo Sigit Prabowo.