Liga Inggris

Amad Diallo dan Nomor Keramat 19 untuk Jadi Bintang di Man United

Selasa, 9 Februari 2021 15:44 WIB
Editor: Juni Adi
© Instagram/@amaddiallo79
Amad Diallo berseragam MU. Copyright: © Instagram/@amaddiallo79
Amad Diallo berseragam MU.

INDOSPORT.COM - Amad Diallo menggunakan nomor punggung 19. Berdasarkan riwayatnya, banyak pemain muda maupun senior yang menggunakan nomor tersebut di Man United hingga sukses.

Manchester United tak melakukan gebrakan besar dalam berburu pemain di bursa transfer musim dingin Januari 2021 kemarin. Hal itu bisa dilihat dari daftar kedatangan pemain baru mereka, yang hanya membeli satu pemain muda.

Dia adalah Amad Diallo. Wonderkid berdarah Pantai Gading itu diboyong Man United dari Atalanta, dengan harga yang cukup mahal yakni sebesar 21 juta euro atau sekitar Rp358 miliar.

Setelah menyelesaikan transfernya, Amad Diallo mengaku senang bisa bergabung dengan tim sebesar Manchester United, dan merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan.

"Saya sangat senang berada di sini. Saya bersemangat sekali untuk memulai karier di Manchester United," kata Amad Diallo dilansir dari laman resmi klub. "Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan dan saya tidak sabar untuk bermain dengan pemain lainnya," tutur pemain kelahiran tahun 2000 ini.

Sejatinya kesepakatan antara Man United dengan Amad Diallo sudah terwujud sejak 05 Oktober 2020 lalu, dan baru bisa bergabung saat jendela musim dingin dibuka.

Striker berusia 18 tahun itu akan dikontrak Man United hingga Juni 2025, dan akan menggunakan nomor punggung 19.

Usut punya usut, angka 19 sendiri merupakan nomor yang bisa dibilang keramat bagi para pemain muda di Manchester United. Pasalnya, banyak youngster muda yang sukses hingga menjadi pemain bintang.

Selain pemain muda, beberapa pemain senior baru juga akhirnya mempunyai masa depan cerah usai menggunakan nomor 19 tersebut.

Lantas siapa saja yang pernah menggunakan nomor punggu 19 dan meraih sukses? berikut ulasannya:

1. Marcus Rashford

Marcus Rashford sukses menjelma jadi striker haus gol bersama Manchester United. Pemain asal Inggris itu sebelumnya merupakan pemain muda yang kualitasnya sempat diragukan.

Rashford diberi kesempatan menit bermain yang banyak oleh Louis van Gaal dalam beberapa kali kesempatan. 

Progres dan kualitas yang semakin terasah, membuat Rashford kini menjadi andalan di lini depan Man United setelah banyak striker senior yang memutuskan hengkang.

Sebelum diberi nomor punggung 10, Rashford lebih dahulu menggunakan nomor 19 saat mulai menjadi pemain reguler di Man United. 

Rashford menembus tim utama Setan Merah pada tahun 2016. Hingga saat ini, Rashford sudah mencetak 81 gol dari 242 pertandingan di semua kompetisi. Rashford sekarang memakai nomor punggung 10.

2. Danny Welbeck

Sebelum Marcus Rashford, Danny Welbeck merupakan wonderkid yang berhasil masuk ke tim utama. Pemain berposisi sebagai striker itu diorbitkan oleh Sir Alex Ferguson, dan sering dimainkan di lini depan.

Namun setelah SAF pensiun, sang pemain jarang mendapat menit bermain terutama di bawah asuhan Louis van Gaal. Hal tersebut membuat Welbek memutuskan untuk hengkang ke Arsenal pada tahun 2014.

Selama memperkuat Setan Merah, Welbeck memakai nomor punggung 19. Pemain asal Inggris itu memakainya dari musim 2008-2009 sampai 2014-2015.

3. Edwin van Der Sar

Pemain terakhir yang pernah menggunakan nomor punggung 19 adalah Edwin van Der Sar. Kiper asal Belanda itu langsung mengenakan angka tersebut sejak kedatangannya di Old Trafford pada musim 2005/2006.

Meski diboyong oleh Sir Alex Ferguson sudah tidak muda lagi, namun kemampuan Van Der Sar dibawah mistar gawang Man United terus gemilang.

Total Van Der Sar telah membuat 266 penampilan di semua kompetisi, dan mencatatkan 135 cleansheet serta kebobolan 202 gol.

Total, Van der Sar telah memenangkan 10 trofi selama enam musim bersama The Red Devils. Itu termasuk empat gelar Liga Inggris dan satu trofi Liga Champions.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%