Liga Inggris

Jika Dortmund Punya Youssoufa Moukoko, Man United Miliki Shola Shoretire

Selasa, 9 Februari 2021 16:18 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© instagram.com/sholashoretire
Wonderkid Manchester United, Shola Shoretire. Copyright: © instagram.com/sholashoretire
Wonderkid Manchester United, Shola Shoretire.

INDOSPORT.COM – Jika Borussia Dortmund memiliki pemain muda bertalenta seperti Youssoufa Moukoko, maka Manchester United punya jagoan muda bernama Shola Shoretire.

Dunia sepak bola pasti mengenal sosok bernama Youssoufa Moukoko. Wonderkid Dortmund ini menjadi perbincangan karena ketajamannya di usia yang sangat belia.

Moukoko telah bermain di setiap kelompok umur di atasnya dalam usia muda. Sebagai catatan, pada usia 14 tahun, ia telah membela tim Dortmund U-18 dan Timnas Jerman U-16 serta U-20 di usia 15-16 tahun.

Bahkan, ia melakukan debut profesionalnya bersama tim senior Dortmund di usia 16 tahun dan berhasil menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Bundesliga Jerman dengan usia 16 tahun 28 hari.

Tak ayal nama Moukoko pun menjadi perbincangan di dunia sepak bola. Banyak yang meramalkan bahwa suatu saat nanti, wonderkid Dortmund ini akan menjadi buruan tim-tim papan atas seperti Man Uniited.

Namun, Manchester United nampaknya tak perlu repot-repot bersaing dengan tim besar lain untuk mendapatkan Youssoufa Moukoko dari Borussia Dortmund. Sebab, di level junior mereka punya Shola Shoretire.

Shola merupakan pemain asli binaan Manchester United. Ia baru saja menandatangani kontrak profesional pertamanya tepat pada usia 17 tahun.

Pemain yang belum lama ini berulang tahun ke-17 merupakan pemain yang berposisi sebagai winger kiri dan pertama kali bergabung bersama Man United pada usia 10 tahun.

Shola mengawali perjalananya bersama Wallsend Boys Club yang merupakan tim pertama legenda dari kota Newcastle seperti Alan Shearer, Lee Clarck dan Peter Beards.

Bakatnya pun diendus Man United yang langsung memboyongnya di usia 10 tahun. Tak lama berselang, kepindahannya ini disesali Clark yang menyebut Newcastle United tak begitu tanggap membawa Shola ke St.James Park.

“Saya telah melihat Shola Shoretire ketika anakku, Bobby, di Newcastle dan bermain melawan Man United beberapa tahun lalu. Shola talenta yang luar biasa. Dia cepat, pergerakannya hebat.

“Saya frustrasi melihat Newcastle kehilangan bakat mudanya ke Man United. Tapi itu tak bisa disesali karena orang tuanya mendapat pekerjaan di area Manchester,” ujar Clark.

Bakat Shola pun bukan hanya hebat di bibir saja. Pasalnya, ia cepat naik tingkat selayaknya Moukoko bersama Dortmund.

Shola menjadi pemain termuda di ajang UEFA Youth League saat debut di usia 14 tahun kala Man United melawan Valencia. Sebagai acuan, ajang ini biasanya diikuti pemain berusia U-19.

Tak lama berselang, ia debut di Premier League 2 (kompetisi untuk tim muda Inggris U-23) di usia 16 tahun pada September 2020 lalu.

Di ajang ini, Shola belum lama ini mencetak hattrick di PL 2 kala Man United U-23 menghadapi Blackburn Rovers U-23, tepat tiga hari setelah ulang tahunnya.

Total lima gol dan tiga assist telah ia buat bersama Man United U-23 di PL 2 dalam 13 penampilan. Catatan ini membuat Ole Gunnar Solskjaer selaku pelatih tim senior Setan Merah tercengang.

Solskjaer bahkan mengajak Shola berlatih bersama tim utama dan kemungkinan bisa diberikan debut bersama Man United dalam waktu dekat.

Sebagai informasi tambahan, Shola sendiri sebelumnya diincar oleh banyak raksasa Eropa seperti Barcelona, Juventus, PSG dan Bayern Munchen.

Di tengah miskinnya pemain berposisi winger kiri, Manchester United nampaknya tak perlu repot mencari pemain lain. Mengingat Shola Shoretire siap mengikuti jejak Youssoufa Moukoko bersama Borussia Dortmund menggebrak panggung sepak bola dunia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%