Bola Internasional

Apa Kabar Skuat Juara Bayern Munchen di Piala Dunia Antarklub 2013?

Rabu, 10 Februari 2021 20:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© David Ebener/picture alliance via Getty Images
Bayern munchen saat menjuarai Piala Dunia Antarklub 2013. Copyright: © David Ebener/picture alliance via Getty Images
Bayern munchen saat menjuarai Piala Dunia Antarklub 2013.

INDOSPORT.COM - Bayern Munchen berhasil lolos ke final Piala Dunia Antarklub 2020 setelah mengalahkan klub Mesir, Al Ahly, Selasa (09/02/21).

Dua gol Robert Lewandowski masing-masing pada menit ke-17 dan 86 mengantarkan juara Bundesliga Jerman tersebut ke partai puncak, yang rencananya bakal digelar pada tanggal 12 Februari dini hari WIB.

Adapun calon lawan Bayern Munchen di final Piala Dunia Antarklub kali ini adalah klub asal Meksiko, Tigres UANL, yang baru saja mematahkan perlawanan Palmeiras di fase semifinal dengan skor akhir 1-0 pada 8 Februari lalu.

Sejauh ini, Real Madrid menjadi klub yang paling sukses di kompetisi ini dengan raihan empat gelar mereka, sedangkan Bayern Munchen baru sekali merasakan gelar juara yaitu pada gelaran tahun 2013 silam.

Saai itu, Die Roten berhasil mengalahkan Raja Casablanca di partai final yang digelar di Maroko pada 21 Desember 2013. Dante dan Thiago Alcantara menjadi penyumbang gol untuk timnya dan menutup laga dengan skor akhir 2-0.

Setelah Bayern Munchen jadi juara pada tahun 2013, barulah Real Madrid mulai mendominasi perolehan trofi (empat kali) ditambah Barcelona dan Liverpool yang masing-masing berhasil menjadi juara satu kali.

Akankah Bayern Munchen kembali juara lagi? Namun sebelum beranjak ke partai final tahun ini, mari mengingat sejenak siapa-siapa saja pahlawan Die Roten yang membantu menggondol gelar Piala Dunia Antarklub tujuh tahun lalu.

Thiago Alcantara

Salah satu pencetak gol di partai final tujuh tahun lalu antara Bayern Munchen vs Raja Casablanca, Thiago Alcantara, tetap bertahan di klubnya setelah menjuarai Piala Dunia Antarklub, namun pada tahun 2020 ia hengkang ke Liverpool.

Dante

Beranjak pada pencipta gol lainnya yakni Dante. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini pindah ke Wolfsburg pada tahun 2015 dan usai mencatatkan 202 penampilan di Bundesliga Jerman ia pun hijrah ke Nice.

Manuel Neuer

Mengantongi predikat kiper terbaik dunia, Manuel Neuer masih setia berseragam Bayern Munchen hingga detik ini. Ia masih menunjukkan kehebatannya sebagai seorang stopper meski sudah berusia 34 tahun.

Philipp Lahm

Salah satu ikon paling veteran di kancah sepak bola Jerman. Tidak pernah beranjak dari Bundesliga, Phillip Lahm mengabdi di skuat Die Roten sampai tahun 2017 dan mendapat kehormatan berada di Bayern Munich's Hall of Fame.

Franck Ribery

Bertahan di Bayen Munchen sampai musim panas 2019. Kini di usianya yang menginjak 37 tahun, Franck Ribery masih bermain sepak bola dan membela klub Serie A Liga Italia, Fiorentina.

Thomas Muller

Baru pulih dari cedera, kehadiran kembali Thomas Muller di Bayern Munchen patut disyukuri Hansi Flick dan rekan-rekannya. Bertindak sebagai motivator tim, ia masih memegang peran penting di FC Hollywood sampai hari ini.

Rafinha

Apa kabar Marcio Rafael Ferreira de Souza? Setelah menjuarai Piala Dunia Antarklub, ia tetap berada di Bayern Munchen sampai musim panas 2019 sebelum bermain di Flamengo. Lalu belum lama ini, ia mengakhiri kontraknya di Olympiacos.

Jerome Boateng dan David Alaba

Dua dari sekian pemain di skuat Bayern Munchen saat juara Piala Dunia Antarklub 2013 yang belum berpindah klub sampai sekarang.

Xherdan Shaqiri

Setelah pindah dari Bayern Munchen pada tahun 2015, Xherdan Shaqiri sempat membela Inter Milan dan Stoke City hingga berseragam Liverpool. Ia pun bereuni dengan Thiago Alcantara di skuat Jurgen Klopp saat ini.

Toni Kroos

Tidak bertahan lama setelah memenangkan Piala Dunia Antarklub. Ia hengkang ke Real Madrid pada tahun 2014 namun menjelma sebagai salah satu pemain paling penting dan senior di skuat Los Blancos.

Lainnya

Selain 11 pemain di atas, Bayern Munchen juga menampilkan beberapa substitusinya di final Piala Dunia Antarklub seperti Mario Mandzukic, Javi Martinez, dan Mario Gotze. Sementara itu, sang pelatih, Pep Guardiola, kini menangani Manchester City. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%