In-depth

Antara Kiper-Kiper Hebat Bayern Munchen, di Mana Neuer Layak Berdiri?

Minggu, 7 Februari 2021 23:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Manuel Neuer adalah salah satu kiper terbaik Bayern Munchen. Copyright: © Chris Brunskill Ltd/Getty Images
Manuel Neuer adalah salah satu kiper terbaik Bayern Munchen.

INDOSPORT.COM - Tidak dapat dipungkiri, Manuel Neuer adalah salah satu kiper terbaik yang dimiliki Bayern Munchen sepanjang sejarah.

Bahkan, CEO Bayern Munchen yakni Karl-Heinz Rummenigge menyebut pemainnya tersebut telah membawa peran kiper ke level yang lebih tinggi lagi, dan agaknya ucapan tersebut memang tidak berlebihan.

Selama perjalanan kariernya, Manuel Neuer dikenal sebagai seorang sweeper keeper hebat dengan rekor yang mentereng pula. Ia bahkan sudah mengalahkan catatan clean sheet terbanyak yang pernah ditorehkan Oliver Kahn di Bundesliga Jerman.

Berdasarkan informasi dari situs resmi liga, Neuer berhasil menaikkan rasio kemenangan Bayern Munchen era Kahn yang pada waktu itu menyentuh angka 60,6 persen. Di tangannya, presentase tersebut pun meningkat jadi 77 persen.

Selain itu, Neuer juga dikenal sebagai kiper yang berani keluar membantu rekan-rekannya mematahkan serangan pasukan lawan. Di sisi lain, ia juga aktif membangun serangan dari belakang.

Penampilan Neuer saat Timnas Jerman melawan Aljazair di 16 besar Piala Dunia 2014 mungkin adalah salah satu yang paling diingat oleh para penikmat sepak bola.

Ia dengan percaya diri keluar dari sarangnya dan melakukan sejumlah intersep demi melindungi gawangnya dari serangan lawan. Memang ‘nekat’, tapi ini sudah jadi gaya bermainnya sejak lama, terutama saat berseragam Schalke.

Ada sosok Neuer di pos penjaga gawang, Schalke pun tampil sebagai tim yang benar-benar menggunakan 11 pemain, bukan hanya 10 outfield ditambah satu kiper. 

Salah satu catatan hebat Neuer selama berkarier di Bundesliga Jerman sendiri tercermin pada musim 2019-2020, ketika ia mencatatkan rata-rata operan akurat dari permainan terbuka sebanyak 84,9 persen dari 33 laga (lewat 1.016 percobaan).

Tentu masih banyak lagi catatan-catatan serta rekor-rekor hebat kiper bernama lengkap Manuel Peter Neuer tersebut. Ia sepertinya layak disejajarkan dengan para stopper hebat Bayern Munchen sepanjang masa, atau bahkan lebih?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%