Bola Internasional

Apa Kabar Oliver Kahn? Satu-satunya Kiper Peraih Bola Emas di Piala Dunia

Rabu, 5 Februari 2020 17:35 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© thesefootballtimes.co
Oliver kahn, penjaga gawang legendaris asal Jerman Copyright: © thesefootballtimes.co
Oliver kahn, penjaga gawang legendaris asal Jerman

INDOSPORT.COM - Kabar terbaru dari Oliver Kahn, salah satu legenda hidup Bayern Munchen sekaligus timnas Jerman yang menjadi satu-satunya kiper peraih penghargaan Bola Emas alias Pemain Terbaik di ajang Piala Dunia.

Bagi pecinta sepak bola era milenial, khususnya angkatan 2010 ke atas, mungkin sosok pemain bernama lengkap Oliver Rolf Kahn ini tidak terlalu familier, bahkan mustahil mengenalinya.

Namun bagi penikmat sejati Bundesliga Jerman, terlebih fans Bayern Munchen, sosok Kahn adalah ikon, mungkin pahlawan yang wajib mereka kenang sampai kapan pun.

Oliver Kahn merupakan penjaga gawang yang punya ciri khas sangat kental, bahkan para penikmat bola saat itu sangat mudah mengingat sosok pemain kelahiran Karlsruhe ini.

Dengan rambut acak-acakan serta berperawakan sangar bagai tukang pukul, Kahn langsung disambut meriah ketika keluar bench untuk melakukan pemanasan jelang pertandingan dimulai.

Terlepas dari bentuk perawakannya yang ugal-ugalan, ketika tampil di lapangan Oliver Kahn berhasil menjelma sebagai tembok pertahanan yang kokoh dan mampu menjaga gawangnya dari segala peluang tim lawan.

Salah satu penampilan terbaik dari mantan pemain Karlsruher SC ini adalah pada partai final Liga Champions 2000-2001, menghadapi Valencia di partai puncak Kahn berhasil melakukan penyelamatan penting babak adu penalti.

Pada babak adu tos-tosan tersebut, Oliver Kahn berhasil menepis tiga penendang Valencia sekaligus mengantarkan Bayern Munchen meraih trofi Si Kuping Besar di akhir kompetisi. Kahn juga terpilih sebagai Man of The Match di laga ini.

Selain di klub, performa Kahn juga mengkilap bersama timnas Jerman. Meski belum memberikan gelar juara saat dipercaya sebagai kiper utama (bagian Jerman saat juara Euro 1996, tapi sebatas pelapis), dia membantu Der Panzer tampil konsisten dalam beberapa event besar, khususnya Piala Dunia.

Penampilan terbaik Kahn terjadi pada gelaran Piala Dunia 2002. Dia mengantarkan Jerman meraih gelar runner-up setelah kalah dari Brasil di partai puncak.

Walau cuma peringkat kedua, statistik menunjukkan bahwa Oliver Kahn adalah pemain paling menonjol sepanjang turnamen, bahkan ia sukses merengkuh penghargaan FIFA World Cup Golden Ball atau pemain terbaik di Piala Dunia.

Kahn pun menjadi satu-satunya kiper sepanjang sejarah, yang pernah meraih gelar FIFA World Cup Golden Ball hingga saat ini. Tercatat dalam Piala Dunia 2002, Kahn menjadi kiper dengan jumlah clean sheet terbanyak, yakni lima kali.

Pasca-memutuskan pensiun pada 2008, Kahn terlihat tetap aktif dalam ruang lingkup sepak bola Jerman. Pada 2009, ia sempat ditawari posisi manajer untuk Schalke 04, namun ditolak mentah-mentah.

Memasuki Januari 2020, Kahn resmi masuk jajaran eksekutif klub Bundesliga Jerman, Bayern Munchen, dan memegang jabatan penting untuk klub yang telah 14 tahun dibelanya tersebut.

Dilansir dari laman Bundesliga, Oliver Kahn telah menandatangani kontrak lima tahun sebagai anggota dewan eksekutif yang mulai berlaku per 1 Januari 2020. 

Kahn akan menjalani tugas sebagai anggota dewan eksekutif di Bayern Munchen, dan berpotensi menggantikan Karl-Heinz Rummenigge sebagai chairman yang masa baktinya bakal berakhir pada 31 Desember 2021.

IDS Emoticon Suka
Suka
29%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
29%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
14%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
14%
IDS Emoticon Marah
Marah
14%