Liga Indonesia

Rombak Komposisi Pelatih untuk Liga 1 2021, Persik Lepas Budi Sudarsono

Rabu, 10 Februari 2021 21:35 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Persik
Budi Sudarsono, dicopot Persik Kediri. Copyright: © MO Persik
Budi Sudarsono, dicopot Persik Kediri.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri secara resmi melepas Budi Sudarsono usai mengeluarkan kebijakan untuk merombak pelatih menjelang kick-off Liga 1 2021.

Kebijakan itu diterapkan Persik setelah melakukan evaluasi terhadap semua sektor sebagai bagian dari persiapan menyambut kompetisi Liga 1 yang akan dimulai musim baru tahun ini.

"Salah satunya adalah tim pelatih yang kami lakukan evaluasi," ungkap manajer Persik Kediri, Syarif Hidayatullah, dalam rilis yang diterima INDOSPORT, Rabu (10/2/21).

Pertimbangan mengganti Budi Sudarsono tidak lain karena ingin kembali ke komposisi sebelumnya, yaitu menempatkan pelatih berlisensi AFC Pro sebagai pemimpin staf kepelatihan sebagaimana standar yang diterapkan federasi sepak bola Asia (AFC).

"Kami mau memenuhi (syarat) itu dari awal (musim). Sehingga, tidak ada pekerjaan rumah di belakang," tandas Syarif Hidayatullah.

Sebenarnya, komposisi itu sudah tersusun rapi ketika staf kepelatihan dipimpin oleh Joko Susilo. Namun, eks pelatih Arema FC berlisensi AFC Pro itu kemudian digeser sebagai Direktur Teknik dan posisi juru taktik dipegang Budi Sudarsono.

Eks striker timnas Indonesia berjulukan Si Ular Piton itu awalnya diproyeksikan menangani tim dalam lanjutan Liga 1. Budi Sudarsono disodori kontrak enam bulan, sejak pertengahan Agustus 2020 hingga Februari 2021.