Liga Italia

3 Catatan Positif yang Ditorehkan Atalanta Usai Lolos ke Final Coppa Italia

Kamis, 11 Februari 2021 12:06 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Emilio Andreoli/Getty Images
Terselip tiga catatan positif yang berhasil ditorehkan Atalanta saat mengalahkan tamunya, Napoli, dengan skor 3-1 di leg kedua Coppa Italia 2020-2021. Copyright: © Emilio Andreoli/Getty Images
Terselip tiga catatan positif yang berhasil ditorehkan Atalanta saat mengalahkan tamunya, Napoli, dengan skor 3-1 di leg kedua Coppa Italia 2020-2021.

INDOSPORT.COM - Terselip tiga catatan positif yang berhasil ditorehkan Atalanta saat mengalahkan tamunya, Napoli, dengan skor 3-1 di leg kedua Coppa Italia 2020-2021. 

Atalanta sukses mengalahkan Napoli dengan skor 3-1 pada laga leg kedua semifinal Coppa Italia di Stadion Gewiss Stadium, Bergamo, Kamis (11/02/21) dini hari WIB. La Dea pun sukses melaju ke babak final dengan agregat 3-1 dan akan menantang Juventus di partai puncak.

Sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, Atalanta langsung mendominasi laga dengan memberikan serangan cepat. Alhasil, Atalanta sukses membuka keunggulan saat laga baru berjalan 10 menit melalui finishing apik dari sang striker, Duvan Zapata. 

Gol ini seakan meruntuhkan semangat dari Napoli, berkali-kali mereka terlihat tertekan dengan penyerangan yang diberikan oleh La Dea. Enam menit setelah gol Zapata, Atalanta menggandakan keunggulan mereka melalui gol dari Matteo Pessina.

Unggul dua gol membuat Atalanta semakin di atas angin, beberapa percobaan pun mereka berikan. Namun begitu, pada babak kedua Napoli mampu memperkecil kedudukan lewat gol Hirving Lozano. 

Usai Napoli memperkecil kedudukan, jual beli serangan terus terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-80. Namun, usaha kedua tim selalu menemui jalan buntu.

Matteo Pessina kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-78 setelah menerima umpan dari Duvan Zapata. Skor 3-1 bertahan hingga akhir. 

Pada laga seru dan menentukan ini, terselip tiga catatan positif yang berhasil ditorehkan oleh Atalanta. Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. Duvan Zapata Perkasa

Nama bomber Atalanta, Duvan Zapata, begitu masyhur di laga ini. Bintang asal Kolombia tersebut mencetak gol dan memberikan assist sekaligus di dua laga bersama Atalanta tahun 2021. 

Sebelum melawan Napoli dini hari tadi, Zapata sukses tampil gemilang saat Atalanta menghancurkan Sassuolo 5-1 di Serie A Italia. Total, saat ini Duvan Zapata telah mencetak 12 gol dan 9 assist dari 30 pertandingan di seluruh kompetisi musim ini. 

Duvan Zapata berada di peringkat kedua klub dalam perolehan gol dan assist. Zapata hanya kalah dari Luis Muriel (12 gol) dan Josep Ilicic (6 assist)

2. Final Kelima

Kemenangan atas Napoli di partai final Coppa Italia menjadi catatan spesial bagi Atalanta. Ini adalah kali kelima sepanjang sejarah mereka berhasil lolos ke partai puncak Coppa Italia.

Atalanta tercatat lolos ke final pada musim 1962/1963, 1986/87, 1995/96, dan 2018/19. Namun, hanya di musim 1962/63 saja mereka berhasil merengkuh trofi juara. 

Pada final terakhir yang mereka lakoni musim 2018/19 lalu, Atalanta dikalahkan oleh Lazio di partai puncak. Pada final musim ini, Atalanta untuk pertama kalinya akan berhadapan melawan Juventus. Ini adalah pertemuan pertama bagi kedua tim di partai puncak Coppa Italia.

3. Kebangkitan Matteo Pessina 

Atalanta patut bersyukur dengan penampilan impresif Matteo Pessina pada laga ini. Gelandang serang yang didatangkan Atalanta dari AC Milan itu berhasil mencetak dua gol ke gawang Napoli. 

Hal ini tentu sangat penting bagi karier Pessina. Sebelumnya, banyak pihak mulai meragukan kualitas pemain Timnas Italia tersebut. 

Dengan dua gol yang ia buat ke gawang Napoli, maka Pessina diyakini bakal semakin percaya diri dan tampil lebih bagus. Apalagi usianya masih sangat muda, 23 tahun. Masih banyak ruang bagi Matteo Pessina untuk bersinar bersama Atalanta di Liga Italia.  

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%