Liga Indonesia

Ditargetkan Medali Emas SEA Games 2021, Begini Jawaban Shin Tae-yong

Kamis, 11 Februari 2021 14:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Pipit Puspita Rini
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemusatan Latihan Timnas SEA Games Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemusatan Latihan Timnas SEA Games

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akhirnya menjawab target medali emas yang dicanangkan Menpora dan PSSI untuk SEA Games 2021. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan tidak bisa memberikan garansi pasti.

Fokus Shin Tae-yong adalah mempersiapkan tim sebaik mungkin. Ia menegaskan, tim pilihannya akan menampilkan yang terbaik di ajang SEA Games akhir tahun nanti dan tak mau menjanjikan sesuatu yang belum pasti.

"Tujuan utama kami adalah tampilkan terbaik. Saya tak bisa bilang kami raih emas, tapi kami akan maksimal dan persiapkan tim untuk itu," tutur Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong memilih meningkatkan kualitas tim dan para pemain, sebab saat ini kondisi fisik anak asuhnya sangat jeblok. Pelatih 51 tahun itu menyampaikan kalau kondisi pemain hanya sekitar 30 persen karena tidak berkompetisi satu tahun terakhir.

PSSI mencanangkan merebut medali emas sepak bola putra SEA Games pada tahun ini, karena cukup geregetan lantaran pada SEA Games 2019 lalu Indonesia kalah dari Vietnam di final. Medali emas SEA Games yang terakhir diraih skuat Garuda adalah tahun 1991.

Sebagai persiapan ke SEA Games 2021, Shin Tae-yong memanggil 35 pemain. Tim berlatih sejak 9 Februari hingga 5 Maret mendatang di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Timnas Indonesia juga dijadwalkan akan menggelar pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) setelah Lebaran. Namun, rencana itu masih disesuaikan dengan situasi terkini wabah virus corona.