Bola Internasional

Seleksi Timnas U-23, Riyandi Respek Kiper Persib Jebolan Garuda Select

Minggu, 14 Februari 2021 10:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Pipit Puspita Rini
© Herry Ibrahim/INDOSPORT.COM
M.Riyandi berusaha menghalau bola yang meluncur ke dalam gawangnya. Herry Ibrahim/INDOSPORT.COM Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT.COM
M.Riyandi berusaha menghalau bola yang meluncur ke dalam gawangnya. Herry Ibrahim/INDOSPORT.COM

INDOSPORT.COM - Meski harus bersaing untuk mendapatkan posisi utama sebagai kiper Timnas Indonesia U-23, Muhammad Riyandi tetap respek dengan kiper muda jebolan Persib Bandung dan Garuda Select.

PSSI melakukan seleksi pemain sebagai persiapan SEA Games 2021, dan sudah menggelar latihan sejak 9 Februari 2021, dengan kombinasi pemain berpengalaman dan pendatang baru dari Timnas U-19.

Dari sektor penjaga gawang, ada tiga pemain yang memang sudah berpengalaman, yaitu Nadeo Argawinata dari Bali United, Muh. Aqil Savik dari Persib Bandung, serta Muhammad Riyandi dari PS Barito Putera.

Mereka kedatangan satu pesaing baru dari akademi Persib Bandung, sekaligus pemain jebolan program Garuda Select 2 di Inggris dan Italia, yaitu Erlangga Setyo. Sebelumnya, Erlangga menjadi andalan di Timnas U-19.

Sebagai salah satu pemain berpengalaman, Riyandi tak merasa dirinya bersaing dengan ketiga penjaga gawang lain. Bahkan, kiper Barito Putera itu mengaku kerap belajar dari sosok Erlangga Setyo yang baru 19 tahun.

"Saya tidak terlalu memikirkan persaingan, saya hanya perlu bekerja keras. Persaingan itu memang pasti ada, namun tetap dengan cara yang sehat. Siapa pun yang dipilih, itu sudah menjadi pilihan terbaik dari Shin Tae-yong," kata Riyandi.

"Saya sebagai pemain yang di atasnya, tidak ada masalah meski dia (Erlangga) masih muda. Bahkan kami sering komunikasi untuk berbagi pengalaman dan ilmu," ujar Riyandi lagi.

Selain Riyandi, Barito Putera turut mengirim dua pemain muda potensial dalam seleksi Timnas U-23 jelang SEA Games 2021, yakni Bagas Kaffa dari Timnas U-19, dan Kahar Muzakkar sebagai top skorer Liga 1 U-20.