Liga Indonesia

Dedengkot Suporter PSIS Snex Siap Patuhi Aturan PSSI Liga 1 Tanpa Penonton

Senin, 15 Februari 2021 02:10 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Subhan Wirawan
© Alvin Syaptia/INDOSPORT
Doni Kurniawan (kanan) siap mendukung langkah PSSI demi Liga 1 bergulir Copyright: © Alvin Syaptia/INDOSPORT
Doni Kurniawan (kanan) siap mendukung langkah PSSI demi Liga 1 bergulir

INDOSPORT.COM – Dedengkot suporter PSIS, Semarang Extreme (Snex), Doni Kurniawan mengaku siap mentaati aturan dari PSSI untuk tidak berangkat ke stadion pada saat Liga 1 berjalan.

Sebagaimana diketahui bersama, PSSI sebagai induk olahraga sepak bola Indonesia sudah memberi himbauan kepada suporter untuk mematuhi aturan Liga 1 tanpa penonton jika kompetisi digulirkan.

PSSI berharap aturan tersebut membuat izin dari Kepolisian Republik Indonesia bisa turun dan yang paling penting tidak ada penyebaran Covid-19 di sebuah pertandingan Liga 1.

Menurut Doni Kurniawan sebagai pentolan Snex, sepak bola tanpa penonton merupakan solusi terbaik saat ini. Ia tak memungkiri bahwa sudah rindu untuk menonton PSIS bertanding di kompetisi Liga 1.

"Melihat wabah covid-19 saat ini makin merajalela. Yang penting saat ini kita ikuti aturan pemerintah saja," tutur Doni di Semarang, Minggu (14/02/21).

"Yang penting sepakbola jalan, supaya sepakbola Indonesia tidak mati. Karena di luar negeri, di Eropa mereka sudah jalan kompetisinya. Kalau sepakbola kita tidak jalan, masa depan sepakbola kita bisa hancur. Kasihan lah," imbuh pria yang tahun ini mencalonkan diri menjadi ketua umum Snex ini.

Dengan tidak diperbolehkan adanya penonton, Doni berharap seluruh pertandingan Liga 1 untuk ditayangkan secara langsung di siaran televisi maupun streaming.

Dengan disiarkan secara langsung, Doni dan suporter PSIS lainnya bisa mendukung dan memberi doa kepada klub kebanggaannya walaupun tidak langsung di dalam stadion.

"Kita kan juga pecinta sepakbola. Nanti kita lihat di layar kaca sajalah. Sementara ini kita mengalah dulu demi kegiatan sepakbola dan kegiatan ekonomi negara kita," bebernya.

Hanya saja, Doni menyebut bahwa sosialisasi harus terus digencarkan terkait Liga 1 tanpa penonton. Ia juga khawatir apabila ada oknum dari suporter yang merasa jenuh harus menonton dari layar kaca,

"Menyampaikan ke mereka cukup sulit sih. Pertama, pertandingan satu, dua tiga mungkin ada. Kemudian pertandingan selanjutnya kita harus kasih edukasi ke mereka," cetus Doni.

"Kalau dia menyayangi timnya logikanya dia tidak akan mau datang ke Stadion. Pertama kedua saya yakin ada. Karena semboyan mereka itu tak ada yang menghentikan saya kecuali Tuhan," lanjut pria yang mencalonkan diri menjadi ketua umum Snex pada tahun 2021 ini.

Doni Kurniawan juga optimis apabila sosialisasi dan edukasi gencar dilaksanakan, maka seluruh suporter di Indonesia bisa mentaati aturan yang ada untuk tidak nekat datang ke stadion.

"Jadi sampai bawah itu memang benar-benar harus kita kasih tahu. Saya yakin lama-lama pasti hilang walaupun awal-awal mungkin akan ada. Ini peran polisi, mereka harus lebih tegas juga. Kan sering, pertandingan jika tanpa penonton mereka tetap datang. 'Pie carane aku iso nonton'. Biasanya mereka begitu. Nah ini saya pikir harus diberi edukasi. Kalau cinta tim dia tidak akan datang," tutupnya.