In-depth

Bedah Formasi Mengerikan PSS Sleman Usai Borong Sederet Bintang di Liga 1

Minggu, 7 Maret 2021 14:09 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bedah formasi mengerikan PSS Sleman usai melakukan gebrakan besar dengan merekrut banyak pemain bintang jelang bergulirnya Liga 1 2021. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bedah formasi mengerikan PSS Sleman usai melakukan gebrakan besar dengan merekrut banyak pemain bintang jelang bergulirnya Liga 1 2021.

INDOSPORT.COM - Bedah formasi mengerikan PSS Sleman usai melakukan gebrakan besar dengan merekrut banyak pemain bintang jelang bergulirnya Liga 1 2021. 

Klub Liga 1, PSS Sleman, melakukan gebrakan besar menjelang musim baru 2021. Klub asal provinsi Yogyakarta ini menjadi tim yang paling jor-joran di bursa transfer. 

Jelang Piala Menpora 2021, Super Elang Jawa telah merekrut delapan pemain baru yang sebagian besar adalah bintang Liga 1. Ketujuh pemain itu adalah M Adi Satryo, Irfan Jaya, Fabiano Beltrame, Fandry Imbiri, M Dwi Raffi Angga, Miswar Saputra, dan yang terbaru Kim Kurniawan.

Sebetulnya di luar nama di atas, PSS telah mengumumkan kedatangan eks kiper Tira Persikabo, Wawan Febrianto. Namun entah apa penyebabnya, sang pemain mundur dari Sleman. Jadilah hanya Adi Satryo dan Miswar Saputra yang bergabung. Keduanya merupakan dua kiper berlabel timnas Indonesia.

Kemudian ada nama winger Irfan Jaya yang merupakan bintang Timnas Indonesia di SEA Games 2019  di Filipina dan sempat menjadi pemain terbaik Liga 2 2018 bersama Persebaya Surabaya.

Selanjutnya, Fabiano Beltrame merupakan pemain naturalisasi yang musim lalu memperkuat klub raksasa Liga 1, Persib Bandung. Dan terakhir ada Kim Kuniawan yang menjadi andalan Persib Bandung selama lima tahun.

Bergabungnya ketujuh rekrutan baru tersebut melengkapi barisan skuad asuhan Dejan Antonic yang telah lebih dulu diumumkan untuk dipertahankan pada musim kompetisi 2021 mendatang. Mereka yang bertahan di antaranya adalah Dendi Maulana, Wahyu Sukarta, Misbakus Solikin, Jepri Kurniawan, Arthur Irawan, dan sejumlah pemain lainnya. 

Belanja besar-besaran PSS Sleman di bursa transfer jelang Piala Menpora 2021 dan Liga 1 2021 memang terbilang mencolok dibanding klub Indonesia lainnya. Meski begitu, langkah tersebut dinilai cukup wajar lantaran di rentang waktu yang relatif sama, PSS juga melepas sembilan pemainnya. 

Kesembilan pemain yang dilepas manajemen PSS di tahun 2021 ini adalah Alex Sander, Luthfi Kamal, Burhan, Zamzani, Naufal, I Gede Sukadana, Hendra Molle, Dimas Galih, dan Efdal. Kabarnya dua legiun asing mereka juga bakal dilepas.  

Dengan fakta ini, maka bisa dipastikan wajah PSS Sleman di Liga 1 2021 akan berubah cukup drastis. Lalu, bagaimana kira-kira susunan formasi baru PSS Sleman di bawah Dejan Antonic dengan kedatangan banyak pemain baru untuk musim 2021 nanti?

IDS Emoticon Suka
Suka
5%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
18%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
9%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
9%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
23%
IDS Emoticon Takut
Takut
9%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
9%
IDS Emoticon Marah
Marah
18%