Liga Spanyol

Joan Laporta Jadi Presiden Barcelona, Lionel Messi Berpesta

Selasa, 9 Maret 2021 02:16 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
© Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty Images
Pemain Barcelona, Lionel Messi kabarnya berpesta ketika Joan Laporta resmi gantikan Josep Maria Bartomeu sebagai presiden klub jilid dua. Copyright: © Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty Images
Pemain Barcelona, Lionel Messi kabarnya berpesta ketika Joan Laporta resmi gantikan Josep Maria Bartomeu sebagai presiden klub jilid dua.

INDOSPORT.COM - Setelah mundurnya Josep Maria Bartomeu, Joan Laporta akhirnya resmi jadi presiden raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona sekali lagi musim ini. Gara-gara alasan ini, Lionel Messi kabarnya merayakan peresmian tersebut.

Sebagaimana diketahui, nasib El Barca sudah gonjang-ganjing semenjak era kepemimpinan Bartomeu lima tahun terakhir. Bagaimana tidak? Azulgrana menghamburkan banyak uang sampai punya hutang transfer 126 juta euro (Rp2,1 triliun) ke 19 klub berbeda.

Tak memanfaatkan jebolan La Masia seperti tradisi sebelumnya, tim bermarkas di Camp Nou ini pun kena karma usai hutangnya membludak mencapai 1,2 miliar euro (Rp20 triliun). Bak sudah jatuh tertimpa tangga, prestasi mereka pun juga terjun bebas.

Citra tim tangguh tak lagi ada di Barcelona yang kehilangan LaLiga Spanyol dan Liga Champions pasca dibantai 2-8 oleh Bayern Munchen musim lalu. Kondisi ini kian parah ketika Messi tak lagi bersumpah setia dengan klub yang sudah dibelanya selama dua dekade.

Maklum saja, hadirnya pelatih Ronald Koeman yang menyingkirkan rekan seperti Luis Suarez, Arturo Vidal, dan Ivan Rakitic berikut dengan performa tak konsisten buatnya muak. Sayang, Bartomeu mengancam dengan klausul rilis 700 juta euro (Rp12 triliun).

Betapa hancurnya kepercayaan striker asal Argentina itu ketika tahu eks presiden klub tersebut punya andil dalam proyek Barcagate, setelah lengser. Opsi pindah pun sempat dipercaya akan terjadi, Manchester City dan PSG jadi kandidat tim barunya.

Namun, setelah beberapa kali merasa tak bahagia, Lionel Messi akhirnya akan tetap tertawa juga karena Joan Laporta sudah jadi orang nomor satu Barcelona. Konon, hal ini akan membuatnya betah berlama-lama di sana.